Lampung Timur (21/4) – Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly mengenalkan dan mengajak masyarakat menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) sebagai alternatif transaksi pembayaran.

“QRIS merupakan hasil dari kemajuan teknologi dalam transaksi pembayaran, melalui QRIS konsumen dapat membayar tagihan bulanan, belanja sampai dengan donasi dengan lebih cepat, mudah dan aman” ujar Junaidi dalam agenda Sosialisasi Mudahnya Transaksi Keuangan Menggunakan QRIS dengan BI Perwakilan Lampung di Lampung Timur, Rabu (21/4/2021)

Aleg Fraksi PKS ini melanjutkan, Bank Indonesia diharapkan lebih aktif memberikan edukasi terkait QRIS termasuk didalamnya pada pelaku usaha di perkotaan dan pedesaan. Dengan demikian ada pemerataan pemahaman yang dimulai dari titik-titik pelaku usaha tersebut.

Selain itu, Politisi dari Dapil Lampung II menjelaskan bahwa pelaku UMKM yang menggunakan QRIS akan mempermudah operasional transaksi pembayaran, misalnya transaksi tercatat dalam history, tidak perlu uang kembalian dan terhindar dari risiko pencurian dan uang palsu.

Bang Jun sapaan akrabnya, berharap QRIS dapat masuk dalam transaksi pembayaran di ruang-ruang layanan publik pemerintah daerah dan pusat.  QRIS akan mempemudah masyarakat dan lembaga pemerintah khususnya dalam rangka akuntabilitas.

“Implementasi QRIS harus didorong secara simultan oleh berbagai stakeholder, dengan demikian akan terbangun konektivitas transaksi pembayaran,” pungkas Junaidi.