TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Menjelang Hari Raya Idul Adha Tahun 2020, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, gencar melakukan pengecekan di Pasar.

Diungkapkan Kepala Diskoperindag Tubaba Khairul Amri, saat dikonfirmasi translampung.com pada Jumat (03/7/2020) pukul 10.50 Wib. Bahwa Diskoperindag akan gencar turun ke Pasar dengan mengutus tim petugas untuk mengecek harga dan kesediaan bahan pokok.

“Jika terjadi lonjakan harga, kita akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang, seperti Dinas Peternakan, Pertanian, dan Bulog. Kemudian akan kita laporkan ke Provinsi untuk ditindak lanjuti oleh satuan petugasnya, agar mengusut persoalan mengapa terjadi lonjakan dan apa solusinya.” Kata Khairul.

Mengingat menjelang Idul Adha, lanjut dia, maka harga barang khususnya Sembako dan Daging Sapi, akan menjadi titik fokus yang paling diperhatikan agar tidak terjadi permainan harga.

“Sampai saat ini, berdasarkan laporan yang telah kita terima, bahwa harga Sembako dan Daging masih dalam harga normal. Seperti Daging Sapi dengan kisaran harga masih di Rp 110 Ribu, begitu juga dengan beras, Cabai, Bawang, tidak mengalami lonjakan.” Tuturnya.

Kenaikan dan penurunan harga, jelas dia, disebabkan adanya hukum ekonomi, yakni Permintaan dan Persediaan barang, itulah yang harus diperhatikan.

“Selain itu, kita juga menghimbau agar kegiatan di Pasar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid 19.” Imbuhnya. (D/R)