TRANSLAMPUNG. COM, PESIBAR
-Bupati kabupaten pesisir barat (Pesibar) menghadiri acara pagelaran budaya marga dan penguatan kearifan lokal sai batin. Di pekon suka negara, kecamatan pesisir tengah. Rabu (2/10).

Dalam sambutannya, bupati Agus Istiqlal mengatakan bahwa pagelaran seni budaya pada prinsipnya merupakan mensosialisasikan beragam nilai, norma dan kearifan yang terdapat di dalam kebudayaan itu sendiri.

Pagelaran seni budaya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat daerah kabupaten Pesibar pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Betapa negeri para sai batin dan para ulama ini sangat kaya akan seni dan budaya, yang telah diwariskan secara turun temurun oleh leluhur kita pada masa silam.

“Ini berarti potensi yang bisa kita manfaatkan amat besar untuk mengontrol akselerasi pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan kualitas hidup masyarakat dan kondisi daerah yang lebih baik saat ini maupun pada masa yang akan datang, “ungkap Agus.

Selain itu, kegiatan pagelaran seni budaya ini dapat dijadikan sebagai event tahunan yang diharapkan juga menjadi muara yang menyuguhkan representasi dari pertumbuhan seni dan budaya yang ada. Disamping itu, dapat juga memberikan tempat strategis kepada ekspresi seni budaya yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

“Itu semua agar keragaman budaya lokal yang kita miliki tidak punah dan tergerus oleh zaman, sehingga usaha pelestarian budaya lokal amat penting dilakukan di era globalisasi saat ini, “pungkasnya.

Turut hadir dalam pagelaran tersebut diantaranya 16 sai batin marga kabupaten Pesibar, perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat setempat.