TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR
Tingginya intensitas hujan yang mengguyur kabupaten lampung barat (Lambar) dan pesisir barat (Pesibar) saat ini membuat Polres Lambar bersama jajaran Polsek setempat giat melakukan Patroli pengecekan debit air. Sabtu (02/02).

Kabag Ops, Kompol Mujiono,SH.MH. mengatakan pengecekan dilakukan guna melihat langsung ketinggian air. Jadi manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera menginformasikan kepada masyarakat.

“Pengecekan debit air sungai terus di lakukan, baik itu malam maupun siang hari, kami juga menghimbau bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai, agar lebih waspada, ”terang Kabag Ops, mendampingi Kapolres Lambar, AKBP Rachmat Tri Hariyadi,S.IK.,M.H.

Dijelaskannha, kegiatan rutin ini dilaksanakan oleh Polsek jajaran yang ada dalam wilayahnya masing-masing seperti yang di lakukan Polsek sumber jaya, Polsek bangkunat serta Polsek lainnya yang ada di kabupaten Lambar maupun Pesibar sebagai upaya antisipasi siaga bencana.

“Patroli terus kita lakukan karena hampir setiap hari di dua wilayah Kabupaten ini terus terjadi hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, ”kata, Kompol Mujiono.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang berdomisili dekat dengan aliran sungai untuk cepat memberikan informasi kepada pihak Kepolisian dan aparatur desa jika terjadi lonjakan debit air. Hal ini sangat berguna bagi proses penanggulangan dan evakuasi dini jika terjadi bencana.

“Kami sangat mengharapkan bantuan masyarakat untuk turut mempelajari lingkungan sekitarnya serta menginformasikan kepada personil kami jika terdapat pontesi bencana ,dan anggota kepolisian terus siaga baik malam maupun siang hari, apa lagi saat hujan lebat anggota melakukan Patroli di titik rawan bencana seperti longsor dan lainya, “tandasnya.