TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, fokuskan untuk peningkatan nilai kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mencapai level 3.

Dikatakan Inspektur Tubaba, Prana Putra, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya pada Selasa (28/7/2020) pukul 12.48 Wib. Bahwa untuk nilai APIP dipengaruhi oleh 6 indikator.

“Dari 6 indikator, kita terkendala 2 indikator penilaian yang masih dinilai 2, yakni menyangkut Profesionalisme, seperti ketika melakukan pemeriksaan mereka harus ada kertas kerja dan ada tujuan jelas ketika turun lapangan. Kemudian kedua, menyangkut Kompetensi, karena untuk menambah Kompetensi itu APIP harus mengikuti diklat-diklat,” terangnya.

Adapun 4 indikator lainnya, lanjut dia, sudah memenuhi penilaian 3, yakni, peran dan layanan, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, serta struktur tata kelola.

“Saat ini, nilai APIP kita berada pada level 2 plus. Untuk itu, kita sedang membenahi indikator yang menjadi kendala naiknya nilai APIP ke level 3. Namun, dikarenakan anggaran terbatas tahun ini, untuk indikator Kompetensi sedikit terhambat karena kurang biaya. Tetapi, kita akan berusaha agar tahun ini bisa lebih baik,” ungkapnya.

Peningkatan APIP sangat penting, jelas dia, hal itu sebagai upaya meningkatkan pencegahan kasus-kasus Korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang berkaitan dengan APIP sebagai pengawas.

“Perlu diketahui, nilai APIP ada 5 Level, dimana Level 1 : Initial (APIP belum dapat memberikan jaminan atas proses tata kelola sesuai peraturan dan belum dapat mencegah korupsi). Level 2 : Infrastructure (APIP mampu menjamin proses tata kelola sesuai dengan peraturan dan mampu mendeteksi terjadinya korupsi). Level 3 : Integrated (APIP mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern). Level 4 : Managed (APIP mampu memberikan assurance secara keseluruhan atas tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern). Level 5 : Optimizing (APIP menjadi agen perubahan),” imbuhnya. (D/R)