Lampung Barat – Tahun 2022 Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan menggelar Pemilihan Peratin (Pilpratin) di 60 Pekon, dari 15 Kecamatan dengan serentak. Senin (21/9/2020)

Diungkapakan, Ruspel Gultom, Kabid Pemerintahan Pekon, Lampung Barat, mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Ronggur L Tobing, 131 Pekon yang ada di Lampung Barat, 60 pekon diantaranya akan melaksanakan pesta demokrasi tingkat pekon (Pilpratin .Red) yang di jadwalkan pada bulan Maret paling lambat dilaksanakan.

Jika mengingat pada Pilpratin sebelumnya dilaksanakan pada 28 Februari 2016 lalu sehingga bisa saja dilaksanakan pada bulan yang sama. Paling lambat Maret 2022, “melihat kondisi nantinya,” ucapnya.

Pekon yang akan menggelar Pilpratin pada 2022 yakni pekon Kubu Perahu, Padang Cahya, Sebarus, Way Empulau Ulu, Gunung Sugih dan Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit.

Pekon Sindang Pagar dan Pekon Suka Pura, Kecamatan Sumber Jaya. Lalu Pekon Karang Agung, Mutar Alam, Padang Tambak dan Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong.

Pekon Kejadian, Sukarame dan Serungkuk Kecamatan Belalau. Kemudian, Kecamatan Sekincau yakni Pekon Waspada dan Tiga Jaya. Kecamatan Suoh, yakni Pekon Sukamarga, Sumber Agung, Tugu Ratu, Banding Agung dan Pekon Roworejo.

Kecamatan Batu Berak, Pekon Kegeringan, Gunung Sugih, Pekon Balak, Sukabumi, Sukaraja, Kerang dan Pekon Tebaliokh.

Masih kata Ruspel, untuk Kecamatan Sukau, yakni, Pekon Tanjung Raya, Tapak Siring dan Pekon Jaga Raga. Kecamatan Gedung Surian, Pekon Pura Mekar, Pekon Cipta Waras serta Mekar Jaya.

Untuk Kecamatan Kebun Tebu terdiri dari lima pekon diantaranya Pekon Purajaya, Purawiwiwitan, Tribudi Syukur, Muara Jaya I dan Pekon Muara Jaya II.

Lebih jauh dikatakannya, Kecamatan Air Hitam, Pekon Semarang Jaya, Sumber Alam dan Pekon Sri Menanti. Pekon Pahayu Jaya, Sidodadi, Suka Jaya Kecamatan Pagar Dewa.

Kecamatan Batu Ketulis, Pekon Argomulyo, Batu Kebayan, Campang Tiga dan Luas. Kecamatan Lumbok Seminung yakni Pekon Heni Arong, Suka Banjar dan Lombok Timur.

“Serta Pekon Suoh, Pekon Bandar Agung, Ringin Jaya, Bumi Hantatai, Gunung Ratu dan Pekon Tri Mekar Jaya, Kecamatan Bandar Negeri Suoh”. (Safri)