Lampung Barat – Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) fokus tingkatkan kesejahteraa Petani.

DTPH telah menyajikan tiga program proiritas untuk peningkatan kesejahteraan petani yakni peningkatan produksi tanaman pangan dan holtikultura, memberikan pelayanan terhadap petani, dan melaksanakan pembinaan terhadap petani melalui kelompok tani.

Kepala DTPH Lampung Barat, Yedi Ruhyadi mengatakan, pihaknya pada 2021 mendatang tengah menyiapkan tiga program prioritas. Pihaknya meyakini program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten setempat.

“Seperti Peningkatan Produksi nantinya adanya bantuan benih padi dari pemerintah pusat, sedangkan dari kita (Dinas) hanya penyediaan obat sebagai pengendalian hama tanaman, yang nantinya akan diberikan secara gratis,” jelas Yedi.

“Kemudian Pelayanan dan Pembinaan terhadap petani misalnya seperti penyuluhan, melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) nanti akan mengadakan kegiatan penyuluhan terhadap petani di 15 Kecamatan yang ada di Lampung Barat,” sambungnya.

Lebih lanjut Yedi menjelaskan kriteria-kriteria yang bisa mendapatkan salah satu program tersebut harus melalui kelompok tani.

“Sudah memiliki kelompok, dan kelompoknya sudah masuk dalam sistem penyuluhan pertanian (simluhtan), serta memiliki lahan irigasi,” jelasnya.

Yedi berharap, dengan adanya program-program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan para petani sesuai dengan salah satu ke tujuh program Pemkab Lambar, “yakni peningkatan perekonomian petani,” tutupnya. Rabu (30/9/2020) (Safri)