PANARAGAN (translampung.com)– Implementasi Dana Desa (DD) tahun 2021, Tiyuh (Desa) Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, fokuskan pada peningkatan Infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Tiyuh Panaragan, Fajar Achmad Efendi, kepada translampung.com, Sabtu (24/7/2021) pukul 10.00 Wib.

Menurutnya, pembangunan Infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Tiyuh Panaragan diantaranya pada pencairan DD tahap II tahun ini adalah pembangunan satu unit sumur bor yang berlokasi di Suku 1 Rt 07 Tiyuh setempat.

“Pembangunan itu dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Tiyuh Panaragan, dengan pagu anggaran Rp.41.146.000.” Ungkapnya.

Kata dia, selain itu, Pemerintah Tiyuh pula melakukan perbaikan beberapa titik Drainase di Tiyuh Panaragan, juga mengalokasikan ke beberapa pembangunan lainnya yang berupa pemberdayaan, pembinaan, hingga ke penanggulangan bencana atau keadaan darurat.

“Tahun ini kita juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari DD kepada sejumlah masyarakat, yang mana hingga saat ini sudah tersalurkan selama 5 bulan, dengan hitungan per bulan Rp.300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).” Terangnya.

Adapun jumlah penerima BLT selama setahun anggaran di Tiyuh ini adalah 141 KPM, dengan maksud membantu ekonomi masyarakat yang membutuhkan akibat dampak Pandemi Covid 19, yang hingga kini belum selesai.

Lebih jauh dia jelaskan, kedepan pembangunan Tiyuh masih akan terus dilakukan untuk sejumlah perencanaan lainnya yang telah disusun, maupun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT) Perubahan nantinya.

“Pastinya, Penggunaan DD Tiyuh Panaragan ini akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga diharapkan, melalui penggunaan DD ini bisa memberikan manfaat yang luas untuk pembangunan Tiyuh dan bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.” Imbuhnya. (D/R)