MESUJI — Kepala Dinas PMD Kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa.SE., bersama Inspektorat Kabupaten Mesuji Drs. Edison Basid, dan Tenaga Ahli P3MD Eko, menghadiri agenda Sosialisasi Permendes No 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang BUMDES. Bertempat di Ballroom Hotel Horison, Kota Bandar Lampung, Minggu(06/12).

Acara tersebut di buka oleh Gubernur Lampung yang di wakili oleh Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung Ibu Dr. Zaidirina, dan diikuti oleh Kepala Dinas PMD, Kepala Inspektorat dan para Tenaga Ahli P3MD se-Provinsi Lampung.

Dengan mendatangkan pemateri dari Kemendes yaitu Dirjen PKP Harlina, yang menyebutkan bahwa prioritas Dana Desa Tahun 2021 akan di aplikasikan pada SDGs (Pembangunan berkelanjutan) yang terkelompokan menjadi 17 goals (Tujuan) dan di bagi menjadi 3 kegiatan besar yaitu 1). Pemulihan ekonomi masyarakat desa, 2). Program Prioritas Nasional berbasis pendataan, 3). Adaptasi Kebiasaan Baru.

Dalam sambutannya, Dirjen PKP, Kemendes PDTT-RI Harlina menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut guna memaksimalkan penggunaan Dana Desa, serta menghindari kesalahan yang bisa ber imbas pada percepatan pembangunan baik fisik, maupun ekonomi masyarakat. Selain itu, Harlina memuji prestasi Kabupaten Mesuji yang sudah sangat dikenal dan diakui secara Nasional.

Pada kesempatan itu juga, kabupaten Mesuji merupakan salah satu Kabupaten yang mendapatkan apresiasi dari Kemendes di dalam pengembangan desa kawasan yang bisa di jadikan contoh serta rujukan dalam pengelolaan kawasan perdesaan.

Selain dari Kemendes turut hadir pemateri dari Provinsi Lampung yaitu Kepala BPKP dan Kepala Inspektorat Lampung. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan hingga Selasa(08/12) besok, berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan protokol covid-19 secara ketat.