MESUJI – Kabar gembira bagi warga yang gemar mengkonsumsi ikan di Bumi Ragab Begawe Caram. Pasalnya, kini di Mesuji telah hadir agen penjualan ikan Nila (Mujair) dan ikan Mas yang berasal dari hasil budidaya keramba di kawasan Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat. Adalah lapak ikan segar Hambakung yang berlokasi di RT 002, RK 006, Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya.

Pemiliknya Marhakim yang memang berasal dari Kota Liwa, Lampung Barat mengungkapkan alasan mengapa Ikan Nila asal Danau Ranau yang dipilih, padahal di Mesuji pun cukup banyak ikan karena mesuji merupakan wilayah perairan yang terkenal kaya potensi airnya. Menurut pria yang hobi memancing ini, ikan nila ranau memiliki rasa daging yang gurih dan manis, sangat berbeda dengan ikan nila dari daerah lain.

Hal itu dikarenakan kualitas air di Danau Ranau sendiri yang masih sangat baik, terjaga dari pencemaran limbah. Disamping itu, para pembudidaya ikan ini disana memang tidak sepenuhnya mengandalkan pakan olahan pabrik, mereka masih menggunakan tumbuhan dan lumut yang memang masih banyak tumbuh liar di kawasan Danau Ranau.

“Selain menjual Ikan segar, kami juga menjual berbagai macam bibit ikan. Untuk ikan Nila dan Emas Ranau hanya kita jual Rp 35 ribu saja perkilonya. Ada juga ikan jenis lain seperti Patin, Lele dan Gurame. Tapi yang paling banyak kami stok adalah ikan Nila Ranau ini,”ujar pria yang akrab disapa Dongah Akim ini, Jumat (10/07).

Bagi sebagian orang yang berasal dari daerah Liwa, Lampung Barat, dan kini tinggal di Mesuji. Atau yang sudah pernah berkunjung ke lokasi wisata Danau Ranau pasti sudah tidak asing dengan rasa ikan ini. Seperti halnya Sunardi Nyerupa pria asal Liwa, Lambar ini langsung memborong ikan Nila Ranau sebanyak 17 kilogram setelah mengetahui jika di Mesuji sudah ada penjualnya.

Menurut pria penggemar ikan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji ini, kelezatan ikan Nila Ranau sudah tak asing lagi di lidahnya. Bahkan, membuatnya rindu dengan rasa ikan yang diolah menjadi kuliner masakan jenis apapun akan tetap terasa nikmat itu.

“Bagi saya, rasa dan kualitas ikan ini tidak perlu diragukan lagi, karena selain lezat juga sehat, karena belum terlalu banyak memakai pakan olahan pabrik dalam proses budidaya nya masih banyak memakai rumput dan lumut. Harganya pun relatif murah, jadi dengan adanya agen ikan asli danau ranau ini, membuktikan antara Mesuji dan Lambar sudah tidak terhalang oleh jarang dan waktu,”tandasnya.(nara)