TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro bertindak selaku Inspektur Upacara memimpin Upacara peringatan HUT Satpam ke – 39, di Lapangan apel Polres Way Kanan. Selasa (21/1/2020).

Peringatan hari ulang tahun satuan pengamanan Tahun 2019 ini mengangkat tema “Satuan pengamanan berbasis kompetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia maju”.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Way Kanan diwakili Staf ahli Kemasyarakatan & SDM pemkab Way Kanan Rusdi, Dandim 0427 Way Kanan diwakili oleh Dan Unit Intel Letnan Satu Arm Tawi, Wakapolres Way Kanan Kompol Fanny Indrawan, pejabat utama, Kapolsek Jajaran dan anggota Polres Way Kanan, Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan , Ketua Pengadilan Negeri Blambangan Umpu, Kajari Blambangan Umpum, Kasat Pol PP, Kalapas Klas II B Way Kanan, Pimpinan perusahaan dan Senkom.

Dalam sambutan Kapolres Way Kanan menyampaikan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. mengucapkan selamat ulang tahun Ke-39 kepada seluruh personel satuan pengamanan di manapun bertugas. momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Sementara pada lingkup nasional, bangsa Indonesia tengah menyambut agenda pemilukada serentak tahun 2020, sebagai wujud dari pesta demokrasi. Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

Kehadiran satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing,” Ungkap AKBP Andy.

Peringatan HUT Satpam ini diharapkan sebagai momentum untuk evaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satpam, kemudian acara dilanjutkan dengan peragaan tongkat T dan borgol Polri oleh anggota satpam binaan Polres Way Kanan di Lapangan dan di akhiri dengan pemotongan nasi tumpeng. (rls/yudi)