Oleh Aqua Dwipayana

Setiap kejadian pasti ada hikmahnya termasuk ketika pandemi Covid-19. Di saat banyak usaha gulung tikar karena tidak ada konsumen dan pemasukannya nol, tempat wisata Santosa Stable Gunung Pati Semarang, Jawa Tengah, justru sangat giat menambah berbagai fasilitas. Begitu suasananya reda dan kembali normal, siap menyambut kedatangan para tamu._

Pada Kamis (24/12/2020) ini saya menyaksikan sendiri aktivitas penambahan berbagai fasilitas di obyek wisata itu. Pemiliknya adalah pasangan Chendra Santosa dan Anna Santosa. Mereka pengusaha sukses yang sangat rendah hati.

“Pak Aqua, kami pelan-pelan menambah berbagai fasilitas di Santosa Stable. Tujuannya untuk memberi kenyamanan kepada seluruh tamu kami,” ujar Anna saat mengajak saya keliling Santosa Stable.

Di areal seluas sekitar 9 hektar itu sebelumnya sudah ada berbagai fasilitas. Di antaranya arena berkuda, vila, kolam renang, aneka mainan anak-anak dan restoran.

Koleksi kudanya sebanyak 30 ekor. Sebagian di antaranya adalah kuda impor yang harganya mencapai miliaran rupiah per ekor. Pelatih kudanya bersertifikat internasional.

View Indah dan Menarik
Untuk penginapan di Santosa Stable awalnya terdiri dari dua rumah berbentuk bangunan limas. Bisa menampung sekitar 30 orang.

Harga sewa rumahnya relatif murah. Untuk yang tiga kamar Rp 1.250.000 per malam. Sedangkan yang empat kamar disewakan Rp 1.750.000 per malam.

Saat ini telah ditambah lima vila penginapan lagi untuk ukuran kecil. Per unit bisa ditempati dua orang.

Anna mengajak saya melihat kelima kamar yang belum ditempati itu. View dari semua penginapan itu indah dan menarik.

Fasilitas lain yang sedang dibangun adalah kolam renang berbagai ukuran dengan airnya yang jernih karena berasal dari banyak mata air. Sengaja dibuat airnya mengalir agar selalu baru. Sekaligus dipakai untuk mengairi sawah penduduk di sekitarnya.

Berdayakan Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Mereka
Juga berbagai spot foto yang menarik agar para pengunjung bisa berfoto-foto sepuas-puasnya. Dengan begitu mereka memiliki kesan mendalam saat berkunjung ke Santosa Stable.

Selain itu saat ini sedang membuat jalan yang lebar dan arena parkir yang luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan bermotor termasuk bus. Nantinya di dekat areal parkir akan dibuat kios-kios tempat penduduk sekitar berjualan.

“Kami ingin memberdayakan masyarakan sekitar. Mereka harus mendapatkan manfaat terutama di bidang ekonomi dari para tamu yang datang,” ungkap Anna penuh semangat.

Tidak hanya itu, Anna juga bertekad melestarikan kesenian tradisional di daerah itu. Beliau akan memberikan kesempatan kepada para penari yang berasal dari desa-desa sekitar Santosa Stable untuk tampil di depan para tamu.

Anna yakin pasca pandemi Covid-19 Santosa Stable yang biasanya dikunjungi belasan ribu orang setiap tahun, jumlah tamunya akan lebih banyak lagi. Diperkirakan meningkat dua kali lipat bahkan lebih dari itu.

Seiring dengan hal tersebut masyarakat sekitarnya akan mendapatkan manfaat yang lebih besar. Termasuk sebagian di antara mereka bekerja sebagai karyawan Santosa Stable.

Hikmah pandemi Covid-19 luar biasa untuk kemajuan Santosa Stable ke depannya. Alhamdulillah dan aamiin ya robbal aalamiin…

Dalam perjalanan dari Santosa Stable menuju Bandara Ahmad Yani Semarang saya untuk kembali ke Bogor via Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, saya ucapkan selamat berusaha mengoptimalkan potensi selama pandemi Covid-19. Salam hormat buat keluarga. 14.30 24122020😃<<<