PANARAGAN (translampung.com)– Pasca dilakukannya Rapid Test Antigen sejumlah 46 Pejabat yang terdiri dari Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, didapat hasil keseluruhan Negatif.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Petugas (Satgas) Kabupaten setempat, Eri Budi Santoso, saat dikonfirmasi translampung.com Via WhatsApp, Kamis (21/1/2021) pukul 19.55 Wib.

“Hasil Rapid Test Pejabat yang dilakukan di Brugo Cottage, Kompleks Islamic Center, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten setempat pada (21/1/2021) sekitar pukul 09.00 Wib. Sudah didapat, dan alhamdulillah tadi siang hasilnya semua Negatif.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Pemkab Tubaba menginstruksikan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat melaksanakan Surat Edaran (SE) Nomor 005/12/1.06/TUBABA/2021 Tentang Pelaksanaan Upaya Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Serta Lingkungan (K3l) Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tubaba.

“Adapun isi Surat Edaran tersebut adalah 1. Meniadakan untuk sementara waktu apel di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat dengan tetap memperhatikan jam kerja yang telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati Nomor 76 Tahun 2016 tentang hari dan jam kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tubaba 2. Memanfaatkan teknologi informasi rapat virtual (virtual meeting) atau webinar untuk menggantikan kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan seperti rapat besar, sosialisasi dan kegiatan lain yang sejenis. 3. Melakukan pengaturan pola kerja untuk tetap menjaga disiplin, kinerja pegawai, dan pelayanan prima bagi masyarakat. 4. Menyediakan dan/atau menambah fasilitas kesehatan di lingkungan kerja masing-masing-masing seperti alat cuci tangan, alat pengukur suhu, masker, dan hand sanitizer. 5. Menerapkan protokol keschatan yang memadai di lingkungan kerja masing- masing dalam setiap aktivitas pekerjaan. 6. Memperhatikan dengan seksama kondisi kesehatan setiap pegawai di lingkungan kerja masing-masing dan segera mengambil tindakan yang dianggap perlu sesuai dengan protokol kesehatan dalam pandemi Covid 19.” Terangnya.

Surat Edaran ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi para pegawai ASN maupun non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat, menciptakan situasi kantor yang sehat, aman, dan produktif. Serta memberikan acuan bagi seluruh OPD untuk melaksanakan upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

“Selanjutnya, dihimbau seluruh Pegawai untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga guna meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dan memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat kerja.” Imbuhnya. (D/R)