TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2020, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, lakukan penilangan terhadap beberapa pelanggar Lalu Lintas (Lalin).

Dikatakan Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman S.I.K melalui Kasat Lantas IPTU Suarjono Suryaningrat, Senin (26/10/2020) pukul 14.30 Wib. Bahwa Operasi Zebra 2020 ini sebenarnya lebih mengedepankan upaya Preemtif (Edukasi, Sosialisasi), dan Preventif (Pencegahan) daripada penilangan.

“Dalam Operasi ini, Preemtif dan Preventif masing-masing 40 persen, sedangkan penilangan atau tindakan hukum hanya 20 persen. Namun, hari ini setidaknya ada 10 Pelanggar Lalin yang benar-benar harus kita lakukan penilangan karena pelanggarannya,” kata Suarjono.

Operasi yang dilakukan sejak 26 Oktober sampai 8 November 2020 ini, lanjut dia, akan dilakukan diseluruh wilayah Tubaba dengan sasaran yaitu, pengemudi Motor yang tidak memakai Helm dan Safety Belt, tidak mematuhi Protokol Kesehatan seperti memakai masker, melawan arus Lalu Lintas, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara dibawah 17 tahun, SIM dan surat-surat kendaraan, kelengkapan kendaraan, kendaraan tidak sesuai peruntukannya, kendaraan tidak layak jalan, serta kendaraan ODOL (Over Dimensi Over Load)

“Kebanyakan jenis pelanggaran di Tubaba yang kita temukan hari ini, adalah pengendara dengan tidak memakai Helm dan kendaraan yang bukan peruntukannya seperti kendaraan barang membawa orang. Untuk itu, kami berharap agar masyarakat bisa memperhatikan peraturan Berlalu Lintas serta keselamatan diri mereka dan orang lain, karena itu yang utama,” imbuhnya. (D/R)