Lampung Barat – Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar), Mad Hasnurin, komandani Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh.

Sebelum melaksanakan kegiatan Musrenbang Wabub beserta rombongan melaksanakan penanaman bibit pohon sebagai bentuk perwujudan salah satu dari tiga komitmen program PM yaitu mewujudkan Kabupaten Konservasi.

Dalam sambutan Wabub, Mad Hasnurin, menyampaikan, rasa syukur bisa bersilaturahmi dengan seiringnya waktu di suasana pandemi Covid-19, “Alhamdulillah di Suoh, masyarakat masih sangat disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya.

Karena adanya pandemi, kata dia, semua destinasi di Lampung Barat tutup dan tidak hanya di Suoh tetapi di semua wilayah. “keramaian pun seperti nayuh atau pesta kita dihentikan sejenak,” ungkasnya.

Lalu, kedepan semua elemen masyarakat diharapkan dapat memperkenalkan dan mempublikasikan destinasi dan inovasi daerah yang ada di Suoh, seperti danau asam, danau lebar dan keramikan.

Kemudian, dia mengharapkan untuk Infrastruktur dapat dimanfaatkan sebaik mungkin karena kemajuan di BNS dan Suoh sudah cukup pesat. Meski di tahun 2020 lalu banyak anggaran dana pemkab direfocusing karena Pandemi Covid-19.

Sehingga menurutnya, usulan yang masuk dalam agenda musrembang kecamatan akan di evaluasi terdahulu oleh tim di Kabupaten. Karena Pemkab harus menggunakan skala prioritas disebabkan keterbatasan anggaran APBD Kabupaten.

“Mana yang mendesak lebih dulu mengingat keterbatasan anggaran dan akan didahulukan, kita berdoa saja apa yang menjadi usulan dan harapan masyarakat dapat terealisasi semua,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Suoh, Selamat, menyampaikan, pembangunan dan program yang digulirkan oleh pemerintah daerah sudah dirasakan masyarakat akan manfaatnya.

Baik bidang infrastruktur pembangunan, pendidikan dan pertanian. “Semoga kedepan akan lebih baik dan meningkat khusus nya di kecamatan ini mengingat potensi alamnya sangat luar biasa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Musrenbang tersebut Mad Hadnurin, menyerakan dan melouncing Dana Desa untuk tujuh pekon dan dana kecamatan secara simbolis .
Dan penyerahan bibit tanaman untuk Kecamatan Suoh hingga menyaksikan penandatanganan fakta integritas kesanggupan membentuk posko penanganan Covid-19. (aris/safri)