TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dalam rangka menghadapi adanya kemungkinan bencana alam, Polres Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar Apel gabungan dalam siaga kesiapan di Mapolres setempat, pada Rabu (08/01/2020) pukul 07.30 Wib.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman.S.Ik., dengan susunan pasukan Apel terdiri dari, Pleton Perwira Polres, Pleton TNI Kodim 0412/LU, Pleton Brimob Kompi C Tuba, Pleton DInas BNPB Pemkab Tuba Barat, Pleton Satpol PP Tubaba, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Damkar, Ormas Senkom, PMI Tubaba, Ormas FKPPI, dan Pleton Ormas Pemuda Pancasila.

Dikatakan Kapolres Tubaba dalam Apel tersebut, siaga ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan kesiapan peralatan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana di Kabupaten Tubaba.

“Bencana adalah suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan yang disebabkan oleh alam, oleh karena itu Apel ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kita sebagai aparatur negara apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, maka kita harus dengan penuh kesadaran akan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” terangnya.

Menurut pantauan dan pendataan BMKG di wilayah Tubaba, lanjut Kapolres, kerawanan bencana yang harus kita antisipasi, yaitu peningkatan intensitas Hujan, dengan tingginya curah hujan tersebut akan menyebabkan luapan sungai yang ada, sehingga menyebabkan terjadinya bencana banjir.

“Namun bukan hanya bencana banjir yang patut diwaspadai, melainkan juga yang lainnya, maka berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Instansi harus dapat saling bersinergi untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi bencana, serta mengantisipasi jatuhnya korban akibat bencana alam,” imbuhnya. (D/R)