Komandan Lanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Pnb Ronal yang langsung memimpin kegiatan perkuatan ketahanan pangan yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Pangeran M. Bun Yamin, mengatakan, sesuai intruksi dari Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) bahwasannya agar memanfaatkan lahan yang ada sebagai langkah membangun ketahanan pangan.
“Lanud BNY pada hari ini mulai mempersiapkan ketahanan pangan berupa penanaman singkong (untuk dikonsumsi), semangka, ternak ayam dan kambing serta budidaya ikan mas di kolam. Disamping sebagai bentuk langkah antisipasi dari perkembangan serta penyebaran Covid-19, juga sebagai bentuk bekal untuk kesejahteraan seluruh anggota Lanud Pangeran M. Bun Yamin” ujar Danlanud BNY di sela-sela penanaman singkong. (Rabu, 8-4-2020).
Lebih lanjut Letkol Pnb Ronal mengatakan, bahwa hal tersebut dimaksudkan agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian, perikanan dan peternakan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan disaat pandemik Covid-19, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh keluarga besar Lanud Pangeran M. Bun Yamin.
Diberlakukan juga aturan bagi setiap anggota Lanud BNY agar dirumahnya ditanami singkong atau ubi sebagai bekal ketahanan pangan dirumah masing-masing.
Program ketahanan pangan tersebut merupakan cara yang strategis dalam mengantisipasi Covid-19 apabila berkepanjangan. Kegiatan ini merupakan bagian dari sistem persiapan dini terkait dengan kecendrungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat.(*)