TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Getaran gempa bumi tektonik dirasakan warga wilayah Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Minggu (3/5) sekitar pukul 14.06 WIB.

Menanggapi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus memastikan bahwa gempa pada titik koordinat 6.36 LS – 104.67 BT, tidak berpotensi tsunami. Hal itu disampaikan Sekretaris BPBD Tanggamus, Maryani.

Menurut Maryani, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung, gempa berkekuatan magnitudo 5,3 Skala Richter itu, jarak episentrumnya berada di 97 kilometer arah Barat Daya Tanggamus. Dengan kedalaman 10 km.

“Gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami. Semoga tidak ada gempa susulan. Warga kami imbau tidak panik, namun tetap waspada. Apabila terjadi gempa segera keluar rumah menuju tanah lapang dan lindungi kepala ketika keluar rumah,” imbau Maryani.

Update situasi gempa itu langsung tersebar luas dan cepat melalu media sosial warga Kotaagung. Salah satunya pada status WhatsApp.

Salah seorang warga Pekon Terbaya, Andriansyah mengatakan, merasakan guncangan saat ia sedang duduk santai di kursi.

“Sebenarnya sering terasa gempa. Tapi yang barusan ini lumayan kuat. Sampai tadi kursi goyang-goyang. Langsung saya tadi lari keluar karena takut,” tutur perantau yang berasal dari Pulau Tabuan itu. (ayp)