Lampung Barat – Pertama di Lampung Barat, Pekon Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, meliki gedung lumbung padi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pekon setempat.

“Melalui gedung lumbung padi ini diharapkan mampu meningkatkan tekad, komitmen, membangun struktur ekonomi pekon yang mantap dan kokoh,” jelas Juharman, Sekertaris Pekon Rowo Rejo.

Lokakarya bertema ‘TTG untuk Pengembangan Produk Unggulan Desa Menuju Desa Mandiri’. “Tujuan kegiatan diantaranya memberikan apreasiasi bagi pelaku maupun penemu teknologi tepat guna dan memasyarakatkan teknologi dan metode untuk menumbuhkan budaya entrepreneur,” katanya.

Menurut dia, hingga saat ini pemerintah masih dihadapkan dengan pemberdayaan masyarakat desa yang begitu komplek. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga lainya untuk memajukan desa pun menurutnya belum sepenuhnya nyaman dan representatif.

Sebab, ketertinggalan di bidang pembangunan masih sangat dirasakan. “Rendahnya pendidikan, kesehatan, pendapatan dan fasilitas infranstruktur yang ada belum dapat mengubah secara signifikan menurunkan angka kemiskinan, walaupun dana desa sudah digelontorkan oleh pemerintah,” katanya.

Untuk itu, kata dia, sangat penting dikembangkan secara menyeluruh pembangunan keunggulan kompetitif atau berdaya saing, perekonomian yang berbasis sumber daya alam yang tersedia, SDM yang berkualitas dan berjiwa entrepreneur, “serta kemampuann ilmu pengetahuan dan tteknolog,” tutupnya. (Sf)