TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Festival Indonesiana yang digelar  selama 2 hari sejak tanggal 30 sampai 31 Oktober 2020 di lapangn tenis indoor Sukung Kotabumi, berjalan dengan lancar dan sukses.


Festival yang didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menampilkan,” Cangget Bara Festival pada malam pertama dan menampilkan Kotabumi ART Festival pada malam puncak yang dilaksanalan sabtu malam (31/10/2020)


Saat dikonfirmasi awak media, sebelum acara dimulai, Plt Kadis Pendidikan Mikael Saragih menyampaikan, kita ada kegiatan Festival Indonesiana yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan khususnya Dirjen Kebudayaan, dan Lampung Utara salah satu daerah yang dipercaya untuk melaksanakan program tersebut.


” Ada dua kegiatan yang kita laksanakan yang pertama Program Indonesiana Cangget Bara dan yang ke dua Kotabumi ART Festival jadi ada dua kegiatan itu yang dilaksakan allhamdulillah kemarin cangget bara telah dilaksanakan dengan sukses, dan mudah mudahan malam ini kotabumi art festival berjalan dengan sukses pula,” ucapnya


Masih kata Mikael Saragih, kita berharap melalui kegiatan ini dapat menyampaikan tentang budaya Lampung, khususnya Lampung Utara hingga ke nasional maupun internasional. Sehingga budaya Lampung bisa lebih dikenal dunia. pungkasnya.


Terpisah, Nabila selaku direktur kegiatan Festival Indonesia 2020 menyampaikan Allhamdulillah tahun ini Lampung Utara mendapat kesempatan emas bisa tergabung dalam Festival Indonesiana dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Atas kesempatan mas itu maka dilaksanakan Cangget Bara Festival dan Kotabumi ART Festival, yang telah berhasil dilaksanakan dengan Sukses. ucapnya 


Dijelaskan Nabila, untuk Festival Cangget Bara ini melibatkan Komunitas Adat, Komunitas seni, Komunitas Budaya, tokoh adat serta masyarakat yang dilatih dan kemudian dikemas menjadi sebuah bentuk pertunjukan, yang bisa disajikan kepada khlayak umum.” Ini memang bukan cangget bara yang sebenarnya, melainkan cuplikan cuplikan gambaran peaksanaan cangget Bara, dikarenakan kondisi saat ini yang dalam masa pandemi,” tuturnya


Dan pada malam ini kata Nabilla lagi dilaksanakan Kotabumi ART Festival III, itu artinya tahun sebelumnya, Dinas Pendidikan bersama komunitas Seni dan Budaya telah sukses melaksanakan kegiatan serupa.


Dalam Kotabumi Festival ART 3 ini, penampil penampil dari luar kota Lampung,hanya mengirimkan vidionya dan akan kita tayangkan disini.dan ditayangkan secara live straming dichanel you tube kebudayaan Lampung Utara.


” Untuk peserta malam ini berasal Lampung Utara, Lampung Barat, Bandar Lampung, Kalimantan Utara, Jogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. Allhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik, semoga kebesrsamaan dan kerjasama ini tidak sampai disini saja,mungkin setelah pandemi ini berakhir kita dapat mengundang kembali teman teman semua untuk datang kembali di Lampung Utara.” pungkasnya


Dari pantauan dilokasi malam puncak Festival Indonesiana Kotabumi ART Festival tidak nampak plt Bupatii, Sekda dan pejabat teras Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Acara yang dimulai pukul 20:00 WIB berakhir sekitar pukul 23:00 WIB.(Ek)