Rakyat mendapatkan pelayanan yang prima oleh negara dalam hal ini pemerintah adalah hak masyarakat yang dijamin konstitusi/UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan merupakan pelaksanaan dari nilai-nilai Pancasila khususnya sila ke-5. Ini dikemukakan Anggota MPR RI/DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ir. H. Endro S. Yahman dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di balai Desa Tri Rahayu, Kecamatan Negeri Katon, Kab. Pesawaran, Lampung, Minggu siang 14 Maret 2021.

Lebih lanjut, Anggota MPR RI/DPR RI yang menjabat periode ke-2 ini menjelaskan bahwa Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini dilaksanakan dengan metode dialogis dan disinergikan dengan persoalan masyarakat Tri Rahayu, yakni carut-marutnya pengurusan sertifikat tanah oleh pemerintahan desa lebih dari 8 tahun yang lalu dan hingga kini masyarakat banyak belum mendapatkan haknya. Kasus ini mengemuka dan dikupas bersama agar masyarakat lebih mudah mencerna, menyadari bahwa yang selama ini diperjuangkan dan dituntut adalah bagian dari pelaksanaan UUD NRI 1945 dan Pancasila.

Perlu inovasi dalam pemahaman tentang isi dari Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, agar kegiatan sosialisasi tidak membosankan namun mengena pada sasarannya, yakni membangun kesadaran massif dan kolektif masyarakat terhadap tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesadaran kritis yang massif ini sangat berguna untuk mengawal dan memberi koreksi pemimpinnya ditingkat desa, agar jalannya pemerintahan semakin baik dan memenuhi harapan masyarakat.

Banyak masyarakat masih belum jelas membedakan mana yang menjadi hak nya, dan mana yang menjadi kewajiban negara terhadap rakyatnya. Ini yang harus sering dikupas dan lebih banyak memberi contoh kasus yang berada disekitar masyarakat, Metode ceramah yang berlangsung 1 arah harus sudah ditinggalkan, karena yang hadir adalah orang-orang yang sudah dewasa, ya harus menggunakan metode Pendidikan orang dewasa, kata Endro S. Yahman lebih lanjut.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi Bambang Anggota DPRD F-PDI Perjuangan, Sukamto Sekretaris Desa Tri Rahayu, Sunaryo Ketua BPD Tri Rahayu, Restu Adhi dari unsur TNI. Acara ditutup dengan quiz berupa pertanyaan seputar Pancasila dengan diberi hadiah cendera mata Kaos MPR RI kepada peserta. (TIM).