TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Bupati Way kanan Raden Adipati Surya melakukan seleksi akhir (fit and proper test) terhadap 4 orang calon Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Way Kanan Makmur. Seleksi ahir itu berlangsung tertutup diruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, Rabu (22/01/2020).

Ke Empat Calon Direktur BUMD tersebut adalah Yoni Aliestiadi (asal blambangan umpu), Denrinal (asal lampung selatan) Ali Kuswadi (asal banjit), dan Askur Muttaqin (asal Bandar Lampung).

Menurut keterangan Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, ke empat peserta atau calon Direktur tersebut sudah melakukan beberapa tahapan seleksi termasuk assesment oleh Perguruan Tinggi Unila.

“Yang menjadi titik berat yang akan menjadi pertimbangan untuk diangkat jadi Direktur BUMD adalah Bisnis apa yang calon itu tawarkan untuk mejadi Bidang Usaha yang menguntungkan sesuai potensi yang ada,” terang Bupati.

Ia memaparkan, ada beberapa Bisnis yang berpotensi memberikan keuntungan usaha BUMD, yaitu seperti Pengembangan Usaha Penerbangan untuk penjualan tiket dan jasa angkut cargo yang ada di Lanud Gatot Subroto Way Tuba.

Selai itu, ada juga Pengembangan Usaha Rice Milling Plant (RMP) di Kampung Nuar Maju Kecamatan Buay Bahuga yang saat ini belum maksimal pengelolaannya dan kesulitan dalam menjual beras hasil gilingannya, usaha Gabah maupun usaha pengembangan Kopi.

“Uji kelayakan sudah dilakukan bertahap dan seleksi dilaksanakan secara terbuka, dan profesional, dan siapun yang jadi itulah yang terbaik ” papar Raden Adipati Surya. (rls/mg).