TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Sebagai upaya mendukung program Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dari Kapolri, Camat Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melaunching kegiatan penanaman sayuran di seluruh Tiyuh (Desa) dan Kelurahan di wilayahnya.

Dikatakan Camat Achmad Nazaruddin, bahwa seperti yang diketahui, Tiyuh Pulung Kencana yang masuk di Kecamatan TBT, menjadi salah satu perwakilan program KTN tersebut dan telah di launching oleh Polres beberapa waktu lalu.

“Untuk itu, kita sambut program KTN dengan mengarahkan Tiyuh-Tiyuh lain juga agar bisa bergerak mengedepankan 4 ketahanan yakni, ketahanan Pangan, ketahanan Informasi, ketahanan Keamanan, dan ketahanan Kesehatan,” ungkap Camat kepada translampung.com, pada Jumat (17/7/2020) pukul 13.20 Wib.

Hari ini, lanjutnya, telah dimulai launching penanaman sayuran sebagai upaya dalam mengedepankan ketahanan pangan, yang secara serentak dilakukan di beberapa Tiyuh, diantaranya Penumangan Baru, Tunas Asri, dan Mulya Kencana. Ditargetkan dalam seminggu kedepan akan selesai penanaman itu di seluruh Tiyuh dan Kelurahan.

“Penanaman sayuran ini berasal dari swakelola masyarakat, yang dipusatkan di halaman balai Tiyuh setempat sebagai kebun percontohan, untuk kemudian nantinya masyarakat juga menanam di pekarangan rumahnya. Adapun jenis sayuran yang ditanam yakni, cabai, kangkung, bayam, terong, serai, lengkuas, kunyit, dan jahe,” paparnya.

Dalam mewujudkan 4 ketahanan tersebut, jelas dia, pastinya secara bertahap, dan setelah ini barulah akan bergerak di ketahanan keamanan dengan mengaktifkan seperti ronda malam.

“Kemudian ketahanan Kesehatan dengan melakukan seperti gotong royong kebersihan, serta ketahanan Informasi seperti penyampaian tentang situasi wilayah dari Tiyuh kepada masyarakat melalui media massa,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan launching tersebut Camat TBT, Kepala Tiyuh dan Aparatur, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta masyarakat setempat. (D/R)