PANARAGAN (translampung.com)– Upaya mendorong percepatan ekonomi, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, resmi dikukuhkan Bupati Umar Ahmad S.P.

Kegiatan tersebut berlangsung di Brugo Cottage, Komplek Islamic Center Tubaba, kamis (18/03/2021) pukul 11.00 Wib. Yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kepala OJK Lampung, Sekdakab Tubaba, Asisten III, Biro Perekonomian Provinsi Lampung, Badan Pusat Statistik Tubaba, Camat Tulangbawang Tengah, para Kepala OPD, Polres, dan Bank Indonesia.

“Dengan dikukuhkannya TPAKD Kabupaten Tubaba ini, diharapkan menjadi langkah strategis dalam mengembangkan perekonomian lokal khususnya dari segi permodalan.” Kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung, Bambang Hermanto mengatakan. Pengukuhan TPKAD Tubaba adalah yang ke-14, dan yang belum dikukuhkan tinggal Kabupaten Lampung Utara.

“TPAKD ini adalah forum koordinasi bagi lembaga Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.” Terangnya.

Terpisah, dikatakan Kepala Bagian Perekonomian Tubaba Suwardi, saat dikonfirmasi translampung.com. Bahwa TPAKD Tubaba ini terdiri dari Koordinator (Sekdakab), Wakil I (Kepala OJK Lampung), Wakil II (Asisten II Tubaba), Sekretaris (Kabag Perekonomian Tubaba), dan sekitar 30 anggota lainnya yang terdiri dari sejumlah pejabat Kabupaten Tubaba.

“Program kegiatan TPAKD ini sendiri contohnya adalah kartu petani berjaya, Bupati menabung, Kredit Usaha Rakyat (KUR), BPRS Tani Produk Unggulan, dan TOPS. Dengan maksud dan tujuan mendorong percepatan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan, mendorong lembaga keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan, dan sebagai terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang telah produktif bagi masyarakat.” Imbuhnya. (D/R)