PANARAGAN (translampung.com)– Upaya meningkatkan dan mendorong Ekonomi Kreatif Kepariwisataan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, susun program untuk masyarakat yang bergerak di bidang Ekonomi Kreatif.

Hal itu disampaikan Kepala Disporapar Tubaba, Mansyur, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Senin (18/1/2021) pukul 11.30 Wib.

Dikatakan Mansyur, melihat kawasan Kabupaten Tubaba yang sudah mulai dikenal dan ramai pengunjung di berbagai tempat Icon Wisata, maka mulai 2021 ini Disporapar akan mulai melakukan terobosan program untuk menciptakan Inovasi-inovasi dalam rangka peningkatan pula Ekonomi terhadap masyarakat.

“Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mendata seluruh Kelompok-kelompok UMKM yang bergerak di bidang Ekonomi Kreatif di seluruh Tiyuh (Desa), kemudian akan dipisahkan mana yang berbasis kepariwisataan, seperti misalnya UMKM olahan Kuliner khas Tubaba atau Tubaba Signature, kerajinan tangan, sablon baju khas Tubaba, dan lainnya. Selanjutnya, akan kita berikan pembinaan dan tempat bagi mereka untuk mengembangkan potensinya.” Ungkapnya.

Dengan masuknya olahan khas Tubaba, maka tentu para pengunjung akan semakin tertarik mengingat mereka tidak hanya berkunjung melihat icon Wisata saja, melainkan pula dapat membawa oleh-oleh khas Kabupaten Tubaba, baik itu Kuliner, Kerajinan, dan lain-lain.

“Untuk itu, jika nanti sudah kita dapat datanya akan kita kumpulkan dan kemungkinan akan dibuat menjadi suatu kelompok. Sehingga, setelah terbentuk kita dapat pula meminta bantuan pihak ketiga untuk dapat berkontribusi dalam pemberian modal misalnya, serta sewaktu-waktu akan kita buatkan Event, Pameran, bahkan Kompetisi seperti lomba olahan Kuliner Khas Tubaba.” Imbuhnya. (D/R)