PANARAGAN (translampung.com)– Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, merencanakan akan menggelar Grand Opening Kios Cinderamata yang berada di Komplek Islamic Center (IC).

Demikian itu disampaikan Kepala Disporapar, didampingi Kabid Pariwisata Wanti, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Rabu (9/6/2021) pukul 12.00 Wib.

Dikatakannya, bahwa Kios Cinderamata yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2020 lalu tersebut, akan dilakukan Grand Opening terlebih dahulu sebelum dibuka.

“Rencana Grand Opening belum dipastikan tanggalnya, yang jelas dalam waktu dekat. Karena saat ini kita sedang dalam proses perekrutan dan penyortiran para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan mengisi Kios-kios itu.” Ujarnya.

Lanjut dia, Kios Cinderamata yang berada di IC itu berjumlah 12 Kios, dan untuk tahun pertama ini masih gratis belum ditetapkan harga sewa toko.

“Nantinya, yang mengisi Kios-kios tersebut bukan hanya 1 UMKM saja, melainkan dalam 1 Kios dapat 10 UMKM yang mengisi untuk menjual Produk-Produk olahannya, dan orang yang menunggu di Kios tergantung kesepakatan anggota kelompok dalam 1 Kios itu.” Jelasnya.

Adapun isi dari Kios tersebut, ditekankan harus produk-produk yang dapat menjadi oleh-oleh khas Tubaba, baik berupa makanan ataupun kerajinan tangan.

“Saat ini tinggal 2 Kios lagi yang masih kosong belum ada yang mengisi, karena rencananya akan diisi oleh Dekranasda. Sehingga, melalui Grand Opening ini nantinya akan menjadi langkah awal untuk meningkatkan Ekonomi Kreatif berbasis kepariwisataan di Kabupaten Tubaba.” Imbuhnya. (D/R)