TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid 19, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menunda semua keberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di negara lain.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Disnakertran Rudi Riansyah, saat dikonfirmasi translampung.com diruangan kerjanya pada Senin (23/03/2020) pukul 11.50 Wib.

Dikatakan Rudi, bahwasanya dari surat edaran Kementerian untuk tidak memperbolehkan memberikan rekomendasi keberangkatan dan kepulangan TKI.

“Jika memang menjelang hari raya Idul Fitri nanti ada yang ingin pulang, maka TKI tersebut harus melapor ke Pemerintah Tiyuh (Desa) dan Kecamatan tempat domisilinya. Karena yang pulang akan dikarantina terlebih dahulu untuk di cek kesehatannya di RSUD setempat,” terangnya.

Untuk penahanan atau penundaan ini, lanjutnya, telah dihimbau sejak 17 Maret 2020 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, melihat situasi perkembangan nanti.

“Saya berharap masyarakat bisa mengerti untuk tidak berkumpul di keramaian dan menjaga kesehatan, dan selama Virus Ini mewabah maka pembuatan Kartu Kuning pun akan kita stop bagi yang ingin bekerja di luar daerah,” imbuhnya. (D/R)