TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara melalui bidang kebudayaan melakukan kegiatan pengambilan vidio luring permainan tradisional dan olah raga tradisional tanpa penonton dan undangan kecuali yang melatih sama peserta dan panitia. di lapangan bola stadion sukung kotabumi, selasa (11/08/2020)


Kegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut, untuk mengikuti seleksi pekan kebudayaan nasional  yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan oktober 2020


Plt,Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebuayaan Mikael Saragih melalui kabid budaya Nani Rahayu mengatakan, ya hari ini kita melakukan pengambilan vidio permainan tradisonal dan olahraga tradisional seperti ketapel, lompat tali dan enggrang batok kelapa dari tali.


” Jadi itu yang kita ambil vidionya, nanti vidio itu diedit bersama budaya nya juga. Dan budayanya luring juga, tapi kita nanti menampilkan seperti pentas dan memakai kostum pementasan dan nanti vidionya dikirim ke mereka, mereka akurasi, jadi kita disini membuat vidio untuk penseleksiannya,” tutur Nani


Lanjut Nani, kalau nanti vidio kita layak dan bagus itu bisa masuk dalam pekan kegiatan kebudayaan nasional. Dan ini seleksinya lewat vidio yang kita buat hari ini.


” Harapan kita anak anak bisa meraih prestasi dan syukur allhamdulillah kalau bisa sampai tingkat nasional, demikian juga untuk budaya nya, kalau kita lolos kita akan dibawa ke tingkat nasional.” harapnya


Lanjut Nani, untuk luring pengambilan vidio untuk budayanya akan kita lakukan hari jum.at, ini harus serius bukan ecak ecak, Dan untuk budaya ini kita akan membuat vidio tari dan gitar klasik lampung, ada beberapa tari yang akan kita luring, seperti tari tradisi tari kreasi kemudian gitar dan lagu lagu klasik lampung.


” Kita berharap vidio kta nanti dapat lolos seleksi sehingga lampung utara dapat mengikuti pentas kebudayaan di Jakarta yangrencanannya akan dilaksanakan pada bulan aktor mendatang,” pungkasnya (Iwan)