TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Dinas Pendidikan (Disdik) melakukan perekrutan Guru Penggerak di tahun 2020 ini.

Dikatakan Kepala Disdik Tubaba Budiman Jaya, saat dikonfirmasi translampung.com pada Jumat (21/02/2020) pukul 10.00 Wib. Dengan tema “Nyalakan Mimpi yang Besar, Untuk Membangun Bangsa yang Besar” pada tahun 2020 ini, Disdik Tubaba mengajak Guru Honorer tingkat SD dan SMP untuk bergabung bersama Guru Penggerak.

“Perekrutan tersebut kita buka sejak tanggal 10-17 Februari 2020, dan bagi peserta yang lolos seleksi berkas, pada tanggal 19/02/2020, kita melaksanakan tes Wawancara, Tes Potensi Akademik/TPA, dan Micro Teaching, untuk Regional Selatan yakni Tumijajar, Tulang Bawang Tengah, dan Tulang Bawang Udik, yang berlokasi di SDN 01 Pulung Kencana. Adapun untuk Regional Utara, dilaksanakan pada 21/02/2020, yakni untuk Kecamatan Pagar Dewa, Lambu Kibang, Way Kenanga, Gunung Agung, Gunung Terang, dan Batu Putih, yang berlokasi di SMPN 02 Lambu Kibang,” jelas Budiman.

Total yang akan kita Rekrut di tahun ini, lanjutnya, yakni 97 orang, sehingga tahun 2020 ini dengan bertambahnya 97 orang tersebut nantinya, maka kita akan memiliki 245 Guru Penggerak.

“Program Guru Penggerak adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan suatu wadah perkumpulan atau komunitas bagi para guru yang ingin meningkatkan kualitas diri melalui diskusi, kolaborasi dan berbagi pengalaman dengan sesama guru di Tubaba. Sehingga melalui diskusi-diskusi terkait proses pembelajaran di kelas yang lebih aktif, efisien, dan menyenangkan, Guru Penggerak diharapkan menjadi bagian komunitas yang terus berkembang melalui kegiatan peningkatan kompetensi guru yang menjawab tantangan pendidikan secara khusus, untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru di Tubaba,” imbuhnya. (D/R)