TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan membentuk suatu kelompok usaha kecil yang beranggotakan penerima program Maju Sejahtera (Mantra) Tubaba di setiap Tiyuh (Desa).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Somad, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) M.Yusuf SH, saat diwawancarai translampung.com di kantor Mantra pada Rabu (29/01/2020) pukul 13.20 Wib.

“Kita akan membuat suatu Kelompok sejenis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Yang rencananya akan kita beri nama Usaha Ekonomi Kreatif, yang beranggotakan para penerima Mantra, dan setiap Tiyuh akan memiliki kelompok tersebut,” kata Yusuf.

Adapun usaha yang akan dikelola oleh kelompok itu, lanjut Yusuf, tergantung potensi yang ada di Tiyuhnya, sehingga setiap Tiyuh akan berbeda-beda produk olahannya.

“Kita sudah mulai bergerak dan sudah ada contoh, yakni di Tiyuh Margodadi dan Tiyuh Makarti Kecamatan Tumijajar. Yang mana olahannya berupa Keripik Pisang, Rengginang, Peyek, dan Kerupuk Kerambak,” terang Yusuf.

Untuk itu, jelas Yusuf, kita akan melakukan Pemetaan terlebih dahulu dan melakukan pembinaan terhadap para Penerima Mantra, serta bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag). Tidak hanya berupa olahan makanan, bisa saja nanti olahan seperti Gerabah, Pakaian, atau lainnya, sesuai potensi daerahnya.

“Untuk saat ini, modal awal mereka dari swadaya, namun akan kita upayakan bagaimana mendapat modal tambahan seperti dengan melakukan pinjaman dari Bank BRI, Bank Lampung, atau lainnya yang ada di Tubaba, dengan maksimal pinjaman Rp 5 Juta. Harapan kedepan, ini bisa berjalan baik serta didukung Pemerintah setempat, dan produk yang dihasilkan menjadi ciri khas Tubaba, karena semua Produk tersebut Brand nya adalah Mantra Tubaba,” imbuhnya. (D/R)