TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Di tahun 2020 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan memaksimalkan Fungsi Puskesmas Keliling (Pusling) untuk seluruh Tiyuh (Desa).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Majril, saat diwawancarai translampung.com diruangan kerjanya, pada Rabu (15/01/2020) pukul 09.30 Wib.

“Untuk program prioritas di tahun 2020 ini adalah, kita akan memaksimalkan fungsi Pusling di Tiyuh-Tiyuh, sehingga kedepan tidak akan ada lagi masyarakat di Kabupaten Tubaba ini yang sakit dan ditelantarkan karena tidak mampu membayar pengobatan, karena bagi masyarakat yang kurang mampu, tidak dipungut biaya untuk pengobatannya,” kata Majril.

Melalui Pusling tersebut, lanjut Majril, maka petugas bersama Kader kesehatan, akan melakukan pengobatan di seluruh Tiyuh wilayah kerjanya, mereka akan menyelidiki masyarakat yang sakit, apalagi yang tidak mampu dan tidak memiliki BPJS, maka harus langsung ditangani ditempat atau dibawa ke Puskesmas, jika parah maka dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

“Dengan adanya Pusling ini, saya menghimbau kepada seluruh Puskesmas, harus bertanggung jawab terhadap permasalahan kesehatan yang ada di wilayah kerjanya, buatkan jadwal seminggu 2-3 kali untuk berkeliling, lalu buatlah Call Center setiap Puskesmas untuk pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dengan masyarakat yang sehat, maka daerah akan maju,” terangnya.

Selain Pusling tersebut, kata Majril, pembenahan pelayanan di RSUD Tubaba pun menjadi program di tahun ini, dan ditargetkan akhir tahun 2020, RSUD harus sudah terakreditasi. Setelah itu, barulah kita akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga pelayanan RSUD akan maksimal.

“Semoga di Tahun 2020 ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Tubaba, akan semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya. (D/R)