TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Setelah ditetapkan satu Pasien Positif Corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, segera melakukan pemeriksaan atau Rapid Tes terhadap keluarga Pasien.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinkes Tubaba Majril, saat melakukan jumpa pers di posko gugus tugas Covid 19 komplek Islamic Center, pada Kamis (16/04/2020) pukul 17.00 Wib.

“Setelah mengetahui hasil Swap Lendir Tenggorokan Pasien dari Provinsi hari ini, yang sebelumnya kita kirim pada hari senin 13/4, maka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut dinyatakan Positif Covid 19. Dan sore ini kita langsung melakukan Fraking atau pembersihan di wilayah tempat tinggal Pasien, serta melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Istri dan anak Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tubaba,” terangnya.

Besok, lanjutnya, kita akan mulai melakukan penyisiran untuk Warga sekitar tempat tinggal Pasien, dan semua Warga yang sempat kontak akan kita lakukan Rapid Tes, jika terdapat gejala-gejala yang kita temukan, maka akan langsung diisolasi di RSUD setempat.

“Pasien 03 tersebut berinisial S (64), yang memiliki riwayat perjalanan dari Sulawesi pada tanggal 18 Maret 2020. Rencananya Pasien tidak akan dilakukan rujukan, dan akan tetap dirawat di RSUD Tubaba,” paparnya.

Sampai dengan hari ini, tegasnya, Pasien masih di isolasi dan keadaannya semakin membaik. Dan kita akan segera melakukan pemeriksaan Swap yang kedua.

“Dengan kejadian ini, saya menghimbau ke seluruh stakeholder Tubaba untuk bekerja sama, dan semoga ini menjadi yang pertama dan terakhir,” imbuhnya. (D/R)