TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan diprogram gerbang desa, mejadikan Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta dan Kabupaten Maringin Provinsi Jambi kepincut datang ingin belajar.

“Kami, atas nama (Pemkab Lamsel,red) mengucapkan selamat datang kepada Pemerintah Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta dan Pemkab Maringin Provinsi Jambi yang sudah datang di Lamsel ini,” kata Thamrin Penjabat Sekda Lamsel, saat saat menerima kunjungan kedua kabupaten Bantul dan Maringin di Aula Rajabasa, Kamis (13/2/2020).

Dikabupaten Lampung Selatan, lanjut Thamrin, mendapat 9 desa untuk program Gerbang Desa pada tahun 2018 yang berada di Kecamatan Natar.

“Tapi sekarang program tersebut, telah berganti nama Gerbang Desa Saburai. Jadi kami, persilahkan kepada bapak-bapak yang ingin melakukan searing atau belajar tentang program Gerbang Desa kami siap membantu,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Bantul Helmi Jamharis mengatakan kabupaten Bantul tidak jauh beda Lamsel yang memiliki 17 kecamatan. Untuk itu, kunker ini lebih menekakan disektor pedesaan. Dimana Bantul warganya kurang lebih 13 persen masih tergolong miskin.

“Kami sangat tertarik sekali ingin belajar tentang program Gerbang Desa Saburai. Sehinga bisa diterapkan oleh camat disetiap desa di Kabupaten Bantul,” ujar dia.

Melalui Kunker ini, diharapkan untuk percepatan membangunan desa berdampak langsung untuk meningkatkan perekonomian dan
partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan.

Hal senda juga dikatakan, Staf ahli Pemerintahan Hukum dan Politik, Dedi Darmantias mewakakili Kabupaten Maringin berkeiinginan belajar program gebang desa saburai.

“Selain itu, kami juga ingin belajar home industri, perizanan dan pariwisata. Kerena Jambi punya potensi wisata geopark yang tengah berproses jadi objek wisata dunia,” kata dia.

Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lamsel yang telah memberikan kesempatan untuk memberikan ilmunya.(Johan)