TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, kembali melakukan peningkatan pelebaran dan pengerasan badan jalan Lima ruas, yang berdasar Surat Keputusan (SK) Bupati setempat, Umar Ahmad.Sp, tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Iwan Mursalin.M.T, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ir.Baharuddin M.T, selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) saat dijumpai translampung.com di ruang kerjanya.

“Sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati tahun 2019 yang telah dikeluarkan, maka ruas jalan dari Simpang PU sampai Panaragan Jaya itu sudah menjadi jalan Kabupaten. maka kita berani melakukan pembangunan peningkatan pelebaran dan pengerasan ruas jalan tersebut.” Kata Bahar, pada Selasa (04/8/2020) sekitar pukul 10.15 Wib.

Menurutnya, jalan tersebut terbagi 5 ruas jalan, ruas pertama yakni. Dari Simpang PU ke depan pertigaan Kantor Samsat Candra Mukti, kedua dari Samsat ke Perempatan Pasar Pulung Kencana, ketiga dari Perempatan Pulung Kencana sampai Simpang Siregar, keempat dari Simpang Siregar ke Tugu Rato, dan kelima dari Tugu Rato menuju Tugu Panaragan Jaya.

“Saat ini baru kita bangun lebih kurang
sekitar 600 meter, tepatnya di Tiyuh (Desa) Tirta Makmur depan panglong kayu milik Marwan sampai ke cucian mobil dekat Simpang Siregar, itu kita lebarkan sama dengan jalan sebelumnya. Dan baru pelebaran sama pengerasannya, karena dana terbatas, maka yang tengah hanya kita tambal yang lubang-lubangnya saja.” Ungkapnya.

Lanjut dia, pihaknya saat ini fokus dan konsentrasi pada pelebarannya saja 2 meter kiri kanan, dan pengerasan. Meskipun itu 5 ruas, tetapi untuk pembangunan melihat situasi dan kondisi, untuk saat ini kita lakukan pembangunan pelebaran pengerasan jalan di ruas Pulung Kencana ke arah Simpang Siregar.

“Adapun DAK dari pusat kemarin itu, jika tidak terdampak Covid-19 itu sudah kita Alokasikan untuk membangun ruas jalan dari Simpang Siregar ke Tugu Rato Rp.15 Miliar, dan dari Tugu Rato ke Panaragan Jaya Rp.23 Miliar.” Tuturnya.

Terkait pembangunan pelebaran dan pengerasan ruas jalan tersebut saat ini, jelasnya, itu kita menggunakan anggaran dari APBD Tubaba.

“Kita berharap agar pembangunan jalan itu bisa sesuai dan dikerjakan dengan bagus. Untuk itu, saya juga memohon kepada semua elemen masyarakat dapat turut serta untuk mengawasi, agar tetap sesuai dengan kontrak.” Imbuhnya.

Diketahui pembangunan peningkatan pelebaran dan pengerasan ruas jalan setempat, terletak di lokasi Tiyuh Pulung Kencana – Tirta Makmur, dengan Nomor Kontrak 600/12/KONTRAK/PU/TUBABA/IV/2020. Tanggal kontrak 25 juni 2020, Nilai Kontrak Rp.2.118.575.000. Pelaksana CV.Lembak Indah, dengan jangka waktu pengerjaan selama 120 Hari Kalender, tahun anggaran 2020. (ADV).