TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Untuk memastikan kesiapan sekolah yang akan melakukan kegiatan belajar dan mengajar tatap muka, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Matsoleh,  sejak tgl 11 Januari 2021 menugaskan seluruh Kepala Bidang, didampingi Kasi, Pengawas Sekolah dan Penilik untuk melakukan verifikasi dan validasi kesiapan belajar yang diusulkan oleh satuan pendidikan di Kabupaten Lampung Utara dalam memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021.


Verifikasi ini dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19 ini, baik dalam persiapan pembelajaran, persiapan warga satuan pendidikan dan kesiapan sarana dan prasarananya.


Kepala Bidang PAUD dan PNF Yeni Sulistina beserta timnya Merlyn Sofia, saat dikonfirmasi jum.at (15/01/2021) menjelaskan, dari beberapa lokasi yang telah dikunjungi timnya,  masih terdapat sekolah yang belum memahami tentang standar operasional prosedur pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini.


Hal ini ditunjukkan dengan terdapat sekolah yang belum membuat SOP dan belum mengisi daftar periksa kesiapan belajar yang ada di dapodik sekolah.Kendala lain yang didapati disekolah adalah ketersediaan sanitasi dan toilet bersih yang memadai. ucap Yeni Sulistina


Dalam kunjungannya, Yeni yang juga selaku koordinator tim yang bertugas melakukan verifikasi di Kecamatan Blambangan Pagar didampingi Kepala UPTD Kecamatan Blambangan Pagar, Suhdi , selalu menyampaikan arahan yang harus segera dilakukan oleh kepala sekolah agar pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan dengan baik dan mengikuti segala ketentuan yang ada.


Selain melakukan verifikasi kesiapan sekolah, Kabid PAUD yang terkenal dengan ketegasan dan kedisiplinan nya ini, juga melakukan teguran terkait kebersihan dan keindahan sekolah yang dikunjungi terutama di beberapa SD dan SMP.


” Sekolah sudah lama ditinggalkan siswa karena tidak belajar di sekolah, bukan berarti kebersihan dan keindahannya harus ditinggalkan juga. Disinilah pentingnya tugas managerial seorang kepala sekolah untuk memimpin dan membagi tugas para pendidik dan tenaga kependidikannya selama siswa belajar di rumah,” tegasnya

Masih kata Yeni, Kepala Dinas Pendidikan Matsoleh menugaskan kami dan membagi beberapa tim untuk terjun langsung melihat kesiapan sekolah, dalam persiapan pelaksanaan KBM Tatap muka apakah memang benar benar sudah siap atau belum.


” Untuk itu dalam setiap kunjungan kami disekolah, selalu kami tekankan kepada pihak sekolah  untuk benar benar memahami SOP  dan persyaratan persyaratan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan belajar tatap muka, dan apabila pihak sekolah tidak dapat memenuhi segala ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan, maka sekolah tersebut tidak diizinkan melaksanakan kegiatan KBM Tatap muka,” pungkasnya (Iwan)