TINJAU POS PANTAU PUGUNG: Kasat Lantas Polres Tanggamus Iptu. Rudi S. (paling kanan) meninjau kondisi dan kesiapan personel satlantas yang tergabung dalam Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 di Pos Pantau Rest Area Pugung. Itu dilakukan beberapa jam setelah ia dilantik, Rabu (8/4). (Foto-foto: HUMAS POLRES TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Setelah resmi serah-terima jabatan sebagai Kasat Lantas Polres Tanggamus di tengah “badai” Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19), Inspektur Polisi Satu (Iptu.) Rudi S., S.H., M.H. bergerak cepat meninjau kesiapan para personelnya yang bertugas di Pos Pantau Pendatang di Rest Area Kecamatan Pugung.

Perwira yang sebelumnya menjabat Pamin 7 Subbag Renmin Direktorat Lalulintas Polda Lampung itu, juga mengimbau seluruh masyarakat untuk taat di rumah saja dan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sebab itu semua adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Selain imbauan untuk tertib berlalulintas di jalan raya, saat ini imbauan yang tak kalah penting adalah selalu taati imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Jika ada keperluan yang penting dan genting, yang sangat terpaksa membuat keluar dari rumah, silakan keluar dan gunakan masker. Lalu hindari kerumunan warga,” ujar Rudi, mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, S.I.K., M.M., Kamis (9/4).

Rudi sendiri resmi dilantik sebagai Kasat Lantas Polres Tanggamus pada Rabu (8/4) lalu oleh Kapolres Tanggamus. Beberapa jam usai dilantik, Kasat Lantas langsung meninjau kondisi dan kesiapan para personelnya, yang menjadi petugas gabungan pada Pos Pantau Pendatang di Rest Area Kecamatan Pugung.

Peninjauan tersebut, kata Rudi, dilaksanakan guna mengetahui langsung personel gabungan yang sedang melaksanakan tugas dalam pencegahan dan memutus rantai COVID-19 di Kabupaten Tanggamus.

Kasat Lantas juga memberikan motivasi kepada anggotanya, agar bertugas selalu mengedepankan pengayoman dan pelayanan. Terlebih saat ini dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Krakatau 2020.

“Hasil pemeriksaan, personel siap dan siaga bersama tim yang tergabung bersama Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 di Rest Area Pugung,” ungkap Rudi di sela peninjauan, Rabu (8/4).

Menurut dia, kendaraan yang diperiksa sementara ini diutamakan angkutan umum, seperti bus dan travel. Sebab bersifat massal atau lebih tinggi kerawanan penyebaran wabahnya.

“Berdasarkan kesepakatan bersama, penumpang bus dan travel yang dilakukan pemeriksaan. Sebab bersifar massal. Namun demikian, kendaraan pribadi juga jika ingin diperiksa bisa berhenti di sini,” tandas Rudi.

Iptu. Rudi Gantikan AKP Yuniarta, Dilantik bersama Tiga Kapolsek

UNTUK diketahui, gerbong mutasi internal Polres Tanggamus kembali bergerak pada Rabu lalu dipimpin Kapolres AKBP Hesmu Baroto. Pergantian perwiranya meliputi jabatan Kasat Lantas, Kapolsek Limau, Kapolsek Wonosobo, dan Kapolsek Pematangsawa. Serah-terima jabatan itu sebagai tindak lanjut Surat Telegram Kapolda Lampung, Nomor: ST/331/III/KEP/2020 tanggal 27 Maret 2020.

Dalam Telegram Rahasia Kapolda Lampung itu disebutkan, AKP Yuniarta, S.H. yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Tanggamus, kini mengemban jabatan baru sebagai Kanit 4 Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Ditlantas Polda Lampung. Posisinya digantikan Iptu. Rudi S., S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Pamin 7 Subbag Renmin Ditlantas Polda Lampung.

Kemudian Kapolsek Limau AKP Ichwan Hadi, kini mengemban jabatan baru sebagai Parik 3 Itbid 2 Itwasda Polda Lampung. Dia digantikan oleh Iptu. Okta Siagian yang sebelumnya menjabat Kapolsek Bumi Agung, Polres Lampung Timur.

Lalu, Kapolsek Wonosobo Iptu. Amin Rusbahadi, S.Sos. memiliki jabatan baru sebagai Kapolsek Kedondong, Polres Pesawaran. Penggantinya adalah Iptu. Juniko yang sebelumnya adalah Panit II Unit Binmas Polsek Gedongtataan, Polres Pesawaran.

Terakhir Kapolsek Pematangsawa Ipda. Ridwansyah, S.H. kini punya jabatan baru sebagai Danton Dalmas 1 Kidalmas 1 Sipasdal Subdit Dalmas Ditsamapta Polda Lampung. Penggantinya adalah Ipda. Ahmad Junaidi yang sebelumnya Kanit 1 Sat Intelkam Polres Tanggamus. (ayp)