PANARAGAN (translampung.com)– Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar seleksi untuk calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Periode 2021-2026.

Seleksi tersebut dilaksanakan di Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kementerian Agama Tubaba, yang diikuti 9 Peserta, Sabtu (06/3/2021).

“Mengingat kepengurusan pimpinan Baznas Tubaba pada periode sebelumnya telah habis, maka kita lakukan tahapan seleksi yang dimulai sejak Januari 2021 lalu, dan hari ini sudah memasuki tahapan akhir yaitu, tes tertulis dan wawancara. Untuk Tim Seleksi terdiri dari sejumlah unsur, yakni dari unsur Pemkab Tubaba, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ulama yang profesional dibidangnya.” Kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Tubaba, Nurkholis Majid, kepada translampung.com, pukul 14.40 Wib.

Adapun 9 peserta seleksi itu yakni, Hi. Purwanto, H.Susilo Aris Nugroho, Hi. Supriyanto Hadi, H.Nurhadi, H.Saelan, Tadwin Yuzar, Seger Eriyanto, H. Nur Muhammad, dan Ust.Jumantoro Suprayitno.

“Seleksi dilakukan dengan ketat sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada. Dan dari seluruh tahapan seleksi yang dilakukan, hasil akhir nanti hanya 5 peserta yang akan dipilih untuk mengisi lima jabatan Pimpinan Baznas Tubaba, yaitu 1 Ketua dan 4 posisi Wakil Ketua yang pembagiannya akan dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat antar para pimpinan tersebut yang langsung dipimpin oleh Asisten 1 Pemerintahan, dengan disaksikan oleh Pemkab dan Kemenag Tubaba dengan pertimbangan Baznas.” Tuturnya.

Adapun hasil akhir dari seluruh tahapan seleksi akan diumumkan pada hari Kamis (11/3/2021), dan setelah semua sampai pada final penetapan akan dilaporkan kepada Bupati untuk diterbitkan Surat Keputusan (SK).

“Diharapkan Pengurus Baznas yang terpilih nantinya, dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan lembaga lainnya dalam memaksimalkan peran dan fungsi, terutama dalam meningkatkan kerjasama serta Program- program Baznas yang lebih inovatif, sehingga zakat yang dikumpulkan pun bisa menjadi Dana Abadi Umat yang lebih berkah dan lebih produktif.” Imbuhnya. (D/R)