TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Way Kanan menggelar acara Sosialisasi Peran Serta Pemerintah Masyarakat dan Dunia Usaha Terhadap Penanggulangan Bencana Serta Temu Kangen Satuan tugas penanggulangan bencana (Satgas-PB) yang berlangsung di Halaman Kantor BPBD setempat, Kamis (31/10/2019).

Hadir sebagai Narasumber di acara tersebut yakni Anggota Komisi 5 DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo,SE,. Yang sedang melakukan giat Reses menyerap aspirasi masyarakat di Dapil nya yakni Dapil 5 Way Kanan dan Lampung Utara.

Di kesempatan itu Deni Ribowo memberikan pengarahan serta tanya jawab kepada ratusan Relawan Bencana yang terdiri dari Masyarakat, TRC BPBD, PMI, RAPI, TNI-Polri, Tagana, serta Komunitas Ofroad 4×4 dan Komunitas Motor NMAX.

Dalam sambutannya Deni Ribowo mengatakan penanggulangan bencana  di Kabupaten Way kanan harus dilaksanakan secara terintegrasi dan melibatkan berbagai pihak.

Yang akan dilakukan adalah   membuat konsorsium dengan berbagai elemen seperti Rapi, off road 4×4, Trc dan  terutama relawan dan Tagana.

“Konsorsium nantinya akan menjadi sentral  dalam penanggulangan segala jenis  bencana yang menimpa rakyat Way kanan” kata Anggota Dewan Fraksi Demokrat itu.

Dengan ada nya konsorsium masyarakat tidak bingung kemana harus melapor jika sewaktu waktu terjadi bencana.

“Ini semacam call center penanggulangan bencana dan nantinya akan didistribusikan kemana penanggulangan bencana , misal kebakaran, kebakaran hutan, kekeringan ,banjir bahkan bencana kemalingan,” jelasnya.

Selain itu, Dirinya juga telah menyiapkan Dua Mobil Ambulan Gratis untuk Masyarakat Way Kanan yang membutuhkan. Serta Ambulan tersebut nantinya juga akan di perbantukan untuk penanggulangan bencana di Way Kanan.

Masih kata Deni, terkait penanggulangan bencana ini, yang tak kalah penting adalah edukasi kepada masyarakat dalam penanggulangan bencana misal kebakaran. Masih banyak masyarakat yang enggan meminta bantuan kepada pemadam Kebakaran dengN berbagai alasan.

“Intinya, Kedepan akan kita perbaiki lagi terkait semua proses penanggulangan bencana. Apalagi saya di Komisi 5 memang membidangi hal ini jadi kita bisa saling bersinergi,” pungkasnya.

Turut hadir memberikan arahan di acara tersebut, Asisten 1 Pemkab Way Kanan yang mewakili Bupati, Kepala Pelaksana BPBD Way Kanan, Perwakilan Kodim 0427 Way Kanan, Polres Way Kanan, Ketua RAPI Way Kanan, Pengurus PMI Way Kanan, Camat Pakuan Ratu, Camat Bumi Agung serta tamu undangan lainnya. (rls/mg).