TRANSLAMPUNG.COM,JATI AGUNG – Sejak resmi dibuka pada Rabu, 5 Februari lalu, tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Lampung Selatan kembali berlangsung di Gedung Kuliah Umum I Kampus ITERA, Way Hui, Kecamatan Jati Agung.

Dihari ketiga tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ratusan peserta tereliminir karena tak hadir dilokasi.

“Semua segi teknis berjalan baik. Hanya saja tingkat ketidakhadiran peserta yang tinggi,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lampung Selatan, Puji Sukanto dalam siaran pers, Jumat (7/2/2020).

Dijelaskan Puji, dari data absensi yang tercatat di BKD Lampung Selatan, pada hari pertama tes SKD, jumlah peserta yang tidak hadir mencapai 111 peserta. Sedangkan hari kedua sebanyak 147 peserta. Otomatis dipastikan ratusan peserta dinyatakan gugur seleksi kemampuan dasar.

“Kalau hari ini sesi I saja sudah 39 peserta yang tidak hadir. Sehingga total sudah 297 peserta yang tidak hadir mengikuti SKD. Mungkin banyak peserta yang berdomilisi atau tempat tinggalnya jauh, seperti dari luar daerah,” jelasnya.

Meski tingkat ketidak hadiran tinggi, ditambahkan dia, angka kelulusan untuk peserta Kabupaten Lampung Selatan juga cukup tinggi. Dimana banyak peserta yang nilainya diatas 400.


“SKD CPNS Kabupaten Lampung Selatan berlangsung selama tiga hari dan terbagi menjadi sepuluh sesi. Dimana sesi ke-III hari ketiga atau sesi kesepuluh yang merupakan sesi terakhir akan dimulai pukul 14.00 WIB, Jumat (7/2). Tercatat, jumlah peserta yang berhak mengikuti SKD sebanyak 4.914 peserta,” pungkasnya.(Johan)