TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN-Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berkomitmen akan  memberikan program-Program kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Pesawaran Bumi Andan Jejama.

Hal ini di ungkapkan Dendi Ramadhona saat  menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) masa bhakti 2020-2025 dan pengukuhan Forum Komunikasi Insan Maritim Kabupaten Pesawaran, yang di laksanakn di Aula Pemkab setempat ,Senin (07/09/2020).

Orang nomor satu di kabupaten Pesawaran ini menjelaskan bahwa komitmen atas bantuan program yang akan di berikan yakni penerbitan paskecil,pemberian kartu asuransi, bantuan keramba jaring apung offshore, serta membuat Tempat Pelelangan Ikan (TPI).lataran kewenangan laut banyak melibatkan dana pemerintah pusat, dan lintas kementerian lembaga.

“Kedepan akan kita usahakan  pemberian kartu asuransi kepada nelayan, serta bantuan keramba jaring apung offshore, dan insya Allah tahun 2021 akan dibentuk TPI. Itu untuk mengakomodir nelayan dalam penjualan hasil tangkapannya ,”ucapnya.

Lebih lanjut Dendi Ramadhona menjelaskan bahwa keberadaan TPI, ini natinya bisa mengundang insvestor untuk investasi di situ demi kesejahteraan para nelayan di Kabupaten Pesawaran. Dengan dibentuknya regulasi dari semua elemen yang tergabung dalam HNSI, diharapkan bisa memetakan nelayan-nelayan untuk lebih maju dan bisa terlepas dari siklus kemiskinan,serta dapat hidup sejahtera untuk kedepannya.
“Kepada pengurus DPC HNSI Kabupaten Pesawaran yang baru saja dikukuhkan, dan terbentuknya forum komunikasi insan maritim, semoga dapat bekerja dengan baik, dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan memberikan manfaat kepada seluruh nelayan di Bumi Andan Jejama ini,” ujar Dendi.
Sementara itu selaku ketua  DPD HNSI Lampung, Bayu Witara mengatakan awal terbentuknya HSNI 21 Mei 1973 bertujuan sebagai sebuah wadah dari perkumpulan nelayan di seluruh Indonesia, untuk memberikan problem solver dari permasalahan nelayan yang belum tersentuh pemerintah daerah.
“Maksut tujuan dari HSNI selain sebagai wadah bagi nelayan, yaitu untuk pemecah masalah yang dikeluhkan dan belum tersentuh oleh pemerintah daerah khususnya wilayah teritorial Kabupaten Pesawaran,” jelasnya
Selain itu, Bayu berharap Pemda Pesawaran dapat memberikan motivasi dan suport untuk bekerjasama dengan HSNI Pesawaran dalam menyerap aspirasi dan memecahkan permasalahan–permasalahan nelayan di Kabupaten Pesawaran.
“Nah,dengan adanya HSNI di Kabupaten Pesawaran ini berharap dukungan dan motivasi dari pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran dalam berjalannya HNSI khususunya dalam menyerap serta menyelesaikan permasalahan seluruh nelayan di Kabupaten Pesawaran,”kata Bayu.
Ditambahkan oleh DPC HNSI Pesawaran, Evi Susina dalam sambutannya mengucap syukur atas suksesnya kegiatan tersebut. 

“Ke depan saya dan rekan-rekan HNSI Pesawaran akan membuat program–program untuk para nelayan di pesisir. Kita beserta stakeholder lainnya siap berbuat untuk nelayan agar tarap hidup dapat meningkat, baik itu nelayan penangkap ikan maupun nelayan wisata. Jika para nelayan mendapati persoalan–persoalan, maka kami siap membantu dan mencari solusinya,” pungkasnya (*/ydn).