TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR
-Ketua umum Dekranasda kabupaten pesisir barat (Pesibar) buka pelatihan keterampilan seni batik, di kampung jawa kecamatan pesisir tengah. Selasa (10/12).

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama lima hari dari hari selasa 10 -14 desember 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi lima kelompok dan ditiap kelompok diberikan bantuan bahan dan peralatan membatik, seperti kompor listrik, canting dan lain sebagainya.

Dalam hal itu, Septi Istiqlal selaku Ketum Dekranasda Pesibar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemkab setempat untuk terus mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) sebagai salah satu penopang perekonomian masyarakat.

“Pelatihan ini, merupakan salah satu upaya untuk menciptakan produk kreatif yang diharapkan dapat memberikan efek yang positif terhadap perekonomian masyarakat, “ungkapnya.

Dengan banyaknya tuntutan pasar yang ada saat ini, kata dia, dan dengan beranekaragamnya kebutuhan masyarakat tentu menjadi sebuah peluang yang harus kita optimalkan. Dan dengan kemandirian ekonomi mudah-mudahan akan mengantisipasi adanya krisis ekonomi yang berdampak pada inflasi daerah.

“Semoga melalui pelatihan keterampilan seni batik ini akan terlahir para perajin andalan yang mampu membawa Pesibar bersaing dengan kabupaten/kota lain di provinsi lampung bahkan nasional, “pungkasnya.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut para kepala oprasional perangkat daerah Pesibar dan narasumber pelatihan ketrampilan seni Hidayatullah dan Nyoman Weda Astawan beserta para peserta pelatihan seni batik.