TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Dana Desa (DD) tahap ke 3 sebesar 20 Persen, di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, tahun anggaran 2020, segera akan dicairkan setelah Tiyuh (Desa) kembali menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Tiyuh (APBT) Perubahan.

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT), melalui Iwan Setiawan selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Aparat Pemerintahan Tiyuh. Bahwa Penyusunan APBT Perubahan tersebut, harus dilakukan karena Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari DD di Kabupaten Tubaba, kembali disepakati untuk dilanjutkan ke gelombang kedua yakni, terhitung dari bulan Juli sampai September 2020, dengan nominal Rp 300 Ribu.

“Setelah dilakukan Musyawarah Rencana Khusus (Musrensus) di setiap Tiyuh pada minggu lalu, didapatlah kesepakatan untuk pelaksanaan perpanjangan BLT DD kembali dilanjutkan, tetapi dengan teknis yang berbeda, sesuai keadaan keuangan Tiyuh,” kata Iwan, pada Selasa (04/8/2020) pukul 13.10 Wib.

Untuk pelaksanaannya nanti, lanjut dia, kemungkinan akan ada perubahan para penerima BLT DD, atau pengurangan jumlah penerima, sesuai kondisi dan kesepakatan.

“Minggu ini, kita fokuskan untuk penyusunan APBT Perubahan, sehingga minggu depan sudah dapat kita lakukan Evaluasi dan pengajuan untuk pencairan DD tahap 3, karena ditargetkan paling lambat akhir Agustus ini DD sudah cair,” tuturnya.

Dikarenakan ini sudah memasuki bulan Agustus, jelas dia, kemungkinan penyaluran BLT DD nantinya bisa saja sekaligus disalurkan untuk 3 bulan di bulan September, melihat situasi.

“Diharapkan BLT DD gelombang kedua ini bisa tersalur dengan baik, dan sesuai kesepakatan bersama pada Musrensus yang telah dilakukan di Tiyuh masing-masing,” imbuhnya. (D/R)