MESUJI — Mengawali tahun 2020, Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji Sunardi.SE., mengingatkan bagi setiap desa yang sudah cair Dana Desa (DD) tahap I nya, untuk segera melaksanakan program pembangunan sesuai dengan Peraturan Desa (Perdes) APBDes dan RKPDes.

“Saya menyarankan, bagi desa-desa yang sudah di transfer DD tahap I nya, agar segera melaksanakan program sesuai dengan Perdes APBDes / RKPDes. Adapun sistemnya, kerjakan dulu yang mudah di SPJ kan, agar cepat pengajuan tahap II,”Ujar Sunardi saat di temui diruang kerjanya Senin(9/3).

Masih dikatakan Sunardi, bagi desa yang DD tahap I nya belum cair, agar segera mengajukan. Sebab, pihaknya menegaskan limit waktu pengajuan pencairannya di bulan April mendatang. Karena, di bulan Mei diharapkan agar desa-desa sudah mengajukan pencairan DD tahap II.

“Sementara bagi desa-desa yang belum cair DD tahap I nya supaya segera pengajuan karena bulan April sudah close tahap I, di bulan Mei kita sudah proses untuk tahap II nya,”Lanjut dia.

Dipaparkannya, sejauh ini dari total 105 desa yang ada di Kabupaten Mesuji, baru 33 desa yang sudah mencairkan Dana Desa tahap I, sementara 27 desa sedang dalam proses di Kas Pembantu Perbendaharaan Negara (KPPN). Sedangkan sisanya 45 Desa masih dalam proses Verifikasi di tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan Desa yang belum ini segera menyusul. Sebab, KPPN tidak mau melayani jika ada Desa yang terlambat pengajuan, sesuai dengan Juklak- Juknis Kemenkeu-RI,”Tandasnya. (Nara)