SERAHKAN PAKET SEMBAKO: Bupati Tanggamus Dewi Handajani secara menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan keluarga tiga ODP dari Kotaagung Timur, Rabu (8/4/2020). (Foto: FIRMANSYAH/DISKOMINFO TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Tiga warga Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Mereka kini mengikuti prosedur untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain itu, keluarga tiga ODP tersebut juga menerima bantuan paket sembako dari Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M., Rabu (8/4/2020).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pasar Simpang, dr. Theresia Hutabarat mewakili Kepala Dinas Kesehatan Taufik menjelaskan, ketiga ODP tersebut sebelumnya datang dari Kota Tangerang, Banten.

“Sengaja keluarganya saja yang datang sebagai perwakilan untuk menerima bantuan dari Ibu Bupati Tanggamus. Mengingat dampak penularannya yang dikhawatirkan. Sehingga lebih baik perwakilan keluarga yang datang ke puskesmas. Sebab ketiga ODP juga sedang melakukan SOP isolasi mandiri di rumah,” ujar Theresia.

Bantuan Sembako untuk Ringankan Beban Tiga ODP

BANTUAN paket sembako untuk tiga ODP tersebut, secara simbolis diberikan Bupati Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19, kepada perwakilan dari masing-masing ODP. Pemberian bantuan dilakukan di halaman Puskesmas Rawat Inap Pasar Simpang, Kecamatan Kotaagung Timur.

Sebelum menyerahkan bantuan kepada perwakilan keluarga ODP, Bupati Tanggamus Dewi Handajani berpesan, agar para keluarga ODP dan masyarakat selalu menjaga dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selalu mencuci tangan pakai sabun setiap saat, kurangi kumpul-kumpul, dan berada di keramaian.

Dewi Handajani mengatakan, bantuan paket sembako tersebut sengaja diberikan kepada ODP untuk membantu meringankan beban keluarga. Karena selama ODP diisolasi di dalam rumah, maka kesempatannya untuk mencari penghasilan menjadi terbatas.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban keluarga. Dan saya berpesan agar ODP dapat benar-benar mengikuti anjuran dan prosedur kesehatan selama masa isolasi di rumah masing-masing,” pinta Bunda Dewi – sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga sempat menanyakan kondisi para ODP kepada keluarganya. Kemudian menanyakan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada jajaran UPT Puskesmas Rawat Inap Pasar Simpang.

Sementara itu saat mendampingi Bupati Dewi Handajani, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Zulfadli menjelaskan, Paket sembako yang diberikan berupa 20 kg beras, satu dus mie instan, dan 2 kg telur ayam.

“Paket bantuan sembako diberikan kepada setiap satu rumah tangga ODP, karena yang bersangkutan harus melakukan isolasi mandiri. Sehingga tidak dapat menafkahi keluarganya,” ujar Zulfadli.

Turut mendampingi Bupati Tanggamus dalam kesempatan itu, Inspektur Ernalia, Kepala Dinas Kesehatan Taufik, dan Camat Kotaagung Timur Firdaus. (ayp)