Lampung Barat – Pemerintah Pekon Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat lakukan budidaya tanaman Alpukat dengan memanfaatkan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat melalui program bibit unggulan.

Bibit unggulan tersebut dibagikan kepada masyarakat di wilayah setempat untuk di tanam di pekarangan rumah. Setiap rumah akan mendapatkan pohon bibit alpukat yang diyakini memiliki kualitas unggul.

“Dipilihnya bibit alpukat dianggap dapat meningkatkan perekonomian warga setelah berbuah, apalagi harga pasar buah alpukat semakin tinggi dan perawatannya pun tidak rumit,” Jelas, Salawiah, Peratin Rowo Rejo.

Melalui bidang Pemberdayaan Masyarakat, tahun anggaran 2019, program produk unggulan berupa bibit Alpukat telah usai diperuntukan. Kedepan setelah memasuki masa panen maka hasilnya akan ditampung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rowo Rejo.

Sementara, Sekretaris Pekon Rowo Rejo, Juarman, mengungkapkan, dipilihnya bibit uggul karena buah alpukat banyak manfaatnya. Disamping itu, pemasarannya cukup mudah karena permintaan cukup banyak.

“Alpukat selain memberi manfaat bagi kesehatan, harganya stabil dan pemasarannya pun luas seperti sekarang ini” tegas dia. (Sf)