PANARAGAN (translampung.com)– Untuk penanganan Covid 19, program Vaksinasi di Indonesia khususnya Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menjadi prioritas penggunaan anggaran pada Dinas Kesehatan tahun 2021 ini.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, didampingi Sekretaris Eka Riana, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Senin (29/3/2021) pukul 11.00 Wib.

Dikatakan Eka, untuk Dosis Vaksin Covid 19 itu hingga saat ini merupakan bantuan murni dari Pemerintah Pusat, tetapi untuk pelaksanaan daripada Vaksinasi nya sendiri dibebankan pada anggaran daearah.

“Oleh karena itu, dalam hal penanganan Covid 19 khususnya pula Vaksinasi tahun 2021 ini, sudah tidak diambil lagi dari Biaya Tidak Terduga (BTT), melainkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni Pemkab.” Terangnya.

Saat ini, Dinas Kesehatan masih terus melakukan penataan dan penyesuaian kebutuhan anggaran Covid tahun 2021, mengingat proses Vaksinasi pun masih terus berjalan dan belum adanya finalisasi anggaran tersebut untuk pencairan dari BPKAD.

“Sementara saat ini, biaya yang dikeluarkan masih menggunakan dana talangan dan untuk Penanganan Covid 19 lainnya seperti perawatan, tracking Pasien, masih menggunakan Buffer Stok RSUD.” Imbuhnya. (D/R)