TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN-Dalam rangka penanggulangan dampak bencana Covid-19, di Kabupaten Pesawaran khusunya di Kecamatan Punduh Pedada,sebanyak 21 (Dua puluh satu ) Kepala Keluarga (KK) di Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Peswaran menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa(DD) tahun 2020 senilai Rp. 600.000 per KK.

Menurut Camat Punduh Pedada Darlis.S.E bahwa pembagian BLT secara tunai yang di peruntukan bagi 21 KK di Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pedada ini  sudah melalui pendataan oleh pihak Desa dengan beberapa kriteria diantaranya  Masyarakat tidak mampu,Catat Rendah, lanjut Usia dan penyakit menahun dengan jumlah 21 KK.

“Nah,dari data yang di ajukan oleh pihak Desa Banding Agung  kami dari pihak Kecamatan mengajukan data ini ke Bupati Pesawaran untuk di buat Surat Keputusan (SK). jadi hari ini (Selasa red) Desa Banding Agung melaksanakan Loncing Perdana penyaluran BLT DD yang ada di 114 Desa  di kabupaten Pesawaran,”kata Darlis saat di hubungi trnaslampung.com Selasa (19/05/2020).

Darlis juga berharap kepada masyarakat penerima BLT DD agar dana yang di dapat ini bisa di pergunakan sebaik -baikanya selama pandemi Covid -19 ini,karna bantuan ini sipatnya bukan bantuan untuk hari raya Idul Fitri melakinkan bantuan dampak adanya pademik Virus Corona, baik bantuan dari BTL DD dan Bantuan BST dari kementrian Sosil RI.

“Saya berharap kepada masyarakat pemerima bantuan jangan berpoya -poya anggap aja bantuan ini adalah tabungan selama Pandemik Corona ini,karna kita tidak tau kapan selesainya wabah ini.

Untuk penyaluran BLT DD khusunya di Desa Banding Aggung ini kata Darlis, bisa di cairkan melalaui rekening BRI dengan tiga tahap,yaknii sebesar Rp 600,000 sudah langsung bisa di cairkan masyarkat penerima bulan April ini, sedangkan pencairan  tahap kedua pada tanggal 28 Mei dan tahap ketiga pada minggu pertama di bulan Juni.

“Dalam waktu dekat ini juga ada lima desa di kecamatan Punduh Pedada yang sudah siap untuk pencairan BLT DD mudah -mudahan tidak ada kendala,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Dinas PMD Pesawaran Zuryadin, memberikan apresiasi kepada kepala Desa Banding Angung atas tertip administrasi dan Luncing Pedana penyaluran BLT DD kepada masyarkat terdampak Covid -19.

“Saya mewakili bapak Bupati Pesawaran memberikan apresaisi atas Luncing Perdana  penyaluran BLT DD,karna Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pedada ini merupakan yang petama untuk penyaluran BLT DD dari 114 Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran,”kata Zuryadin.

Disisi lain selaku Kepala Desa (Kades) Banding Agung, Asri Putra Riansah S,H,I mengatakan bahwa sebanyak 21 KK Di Desa Banding Agung telah menerima  BLT DD secara tunai yang di serahkan secara simbolis  oleh bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang dalam hal ini di wakili oleh Kadis PMD Pesawaran.

“Berdasarkan data yang sudah kita sampaikan kepihak kecamatan dan di SK oleh Bupati Pesawaran untuk di SK kan hari ini (Selasa red) kita salaurkan kepada masyarkat Penerima yang  disaksikan oleh Camat Punduh Piddada, polsek Padang Ceriman dan aparatur Desa Banding Angung yang kita laksanakan di GSG Desa Banding Agung ,”kata Asri Putra Riansah. 

“Saya berharap agar bantuan ini bisa di pergunakan sebaik -baiknya, dan untuk kelancaran kegiatan penyaluran bantuan ini kita juga menghimbau kepada masyarakat penerima bantuan tetap memperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak dan wajib memakai masker,” tegasnya.

Diketahui dalam acara Lonching Perdana Penyerahan BLT DD di Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pedada, Hadir Mewakili Bupati Pesawaran Kepala Dinas PMD Pesawaran Zuryadin ,Camat Punduh Pidada Darlis.SE.,Polsek Padang Cermin,Pendamping Desa dan para masyarakat pemerima BLT DD, (ydn).