TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung Letkol Mar Amrul Adriansyah menjadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Tahun 2019 di Mako Lanal Lampung, Senin 28 Oktober 2019.

Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober Tahun 2019 kali ini bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (S) Prima jabatan Ka. Akun Lanal Lampung.

Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Danlanal Lampung pada Upacara Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 ini,

Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sempah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan Kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Hari Sumpah Pemuda Ke 91 kali ini mengambil tema ” Bersatu Kita Maju”, tema ini diambil untuk menegaskan kembali konitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, Bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan Cita-Cita Bangsa.

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi ibarat dua mata pisau, disatu sisi ia memberikan jaminan kecepatan Informasi, namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif yang bersifat Destruktif mulai dari Pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak membendung dengan filter IPTEK dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah Pemuda yang memiliki karakter Moral dan karakter kinerja, beriman dan bertaqwa, bersinergitas tinggi, jujur santun, bertanggung jawab, disiplin kerja keras, kerja cerdas, iklas dan tuntas dan mampu berperan aktif dalam kancah Internasional.

Pada saat ini dibelahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan Gematik.

Gerakan Revolusi mental menemukan relevansinya dengan pembangunan karakter, kita bisa kuat tanggih dan kokoh ikut serta dalm pencaturan pemuda di dunia.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia.

“Wahai Pemuda Indonesia, Dunia menunggumu, Berjuanglah, Lahirkanlah Ide-ide, Tekad dan Cita-Cita, Pengorbanan dan Perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

Akhirnya saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke 91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para Pemuda, jasa pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diikuti oleh Perwira, prajurit dan PNS Lanal Lampung. (*)