TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Dandim 0427/Way Kanan Letkol Czi Komara, S.T.,M.Si bersama Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Way Kanan Beserta Jajaran menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Centul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (04/02/2020).

Pada kegiatan tahunan itu, mengusung tema ‘Bencana Urusan Bersama.’ Melalui tema ‘Bencana Urusan Bersama,’ BNPB selalu mengingatkan kepada semua stakeholders, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat Provinsi , Kabupaten dan Kota yang berada di garis depan penanggulangan bencana daerah.

Informasi yang dihimpun media ini dari Kodim 0427 Way Kanan menyebut bahwa, Pada Rakornas tersebut BNPB mengundang Kepala Daerah, Kepala BPBD maupun Kepala Pelaksana BPBD seluruh Indonesia. Serta unsur pentahelix, yaitu pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media massa, termasuk TNI/ Polri.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan penting untuk selalu mengingatkan pemerintah daerah untuk melindungi dan menjunjung tinggi keselamatan jiwa rakyatnya.

Di acara itu, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah agar dapat bersinergi dalam Penanggulangan Bencana seperti penataan ruang berbasis Penanggulangan Bencana.

Dan beberapa hal yaitu selalu sigap dalam bencana hidrometeorologi, segera menyusun rencana Kontijensi dapat dilaksanakan semua pihak, Penanggulangan Bencana harus dengan pendekatan Pentahelix melibatkan Akademisi, Media, Dunia Usaha, Pakar dan Pemerintah serta Panglima TNI dan Kapolri juga ikut mendukung dalam Penegakkan Hukum dan mendukung Operasional dalam Penanggulangan Bencana.

Selain itu, Presiden juga mengatakan bahwa Bencana virus Corona harus dapat ditangani dengan cepat. Seperti evakuasi WNI dengan cepat.
Oleh karena itu Penanggulangan Bencana harus dilakukan secara tepat cepat. (rls/mg).