TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN – Untuk memenuhi kebutuhan Bank Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pesawaran kembali menggelar donor darah di markas Komplek Pemda Kabupaten Pesawaran, Rabu (22/04/2020).

Ketua PMI Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan bahwa Aksi sosial donor darah tanggap covid-19 tersebut dilaksanakan dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS), Ibu-ibu PKK, Masyarakat umum dan pendonor lainnya dengan jumlah sekitar 110 peserta.

“Kegiatan donor darah ini untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI Provinsi Lampung yang stoknya sudah menipis atau kurang. Ini juga berkaitan dengan maraknya wabah corona, sehingga banyak pendonor yang biasanya secara rutin menyumbang jadi enggan, sementara kebutuhan meningkat, ” kata dia, didampingi Sekretaris PMI Kabupaten Pesawaran dr.Ida Farida.

Setidaknya ada lima pendonor dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bumi Andan Jejama dikegiatan tersebut. Kemudian, ditambah pendonor dari masyarakat dan ibu-ibu PKK serta THLS Kabupaten Pesawaran.

“Pendonor kebanyakan dari ASN, karena masing-masing OPD sedikitnya mengirimkan lima pendonor. Nah, untuk kantong darah kita sudah siapkan 100 kantong. Awalnya 50 kantong, kemudian kita minta tambah dan sekarang menjadi 100 kantong yang kita siapkan,” ujar dia.

Diketahui, PMI Kabupaten Pesawaran miliki struktur kepengurusan 2019-2024 yang menempatkan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona sebaga Pelindung, lalu sebagai Dewan Kehormatan adalah Ketua DPRD Pesawaran, M Nasir, Kapolres Pesawaran, AKBP Popon Ardianto Sunggoro, Dandim 0421, Letkol Kav Robinson Oktafianus Bessie, Ketua PN Gedong Tataan Rio Destrado,

Kepala Kejari Pesawaran dan Ketua PN Agama.

Kemudian, sebagai Ketua PMI Kabupaten Pesawaran adalah Nanda Indira Dendi dengan dibantu oleh Wakil Ketua I Bidang Organisasi, Harun Tri Joko, Wakil Ketua II Bidang SDM dan Relawan Maisuri, Wakil Ketua III Bidang Yansos dan PSD Fitri Sanawiah, Wakil Ketua IV Bidang PB Mustari.

Menduduki sebagai Sekretaris adalah dr Ida Farida dan Bendahara Indah Retia Laradika dengan anggota diantaranya adalah Aria Guna (Anggota DPRD), Sunyoto, Wawan Waskito, Trio Pranoto.

Merespon dampak pandemi covid-19, sebelumnya PMI Kabupaten Pesawaran juga telah melakukan kegiatan sosialnya dengan membagikan nasi kotak kepada petugas di Posko Gugus Tugas Covid-19, menyerahkan paket obat-obatan dibeberapa desa dan menghimpun darah dari para pendonor sebelumnya.

Pada kegiatan aksi donor darah kali ini, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga menyempatkan untuk meninjau secara langsung. Ia berinteraksi dengan para pendonor yang sedang dilakukan pengambilan darah oleh petugas PMI,(*/ydn).